Mesak, God Life Endob (2015) Meningkatkan efektivitas pembelajaran variasi dan kombinasi atletik pada siswa kelas VIII SMPK Marsudisiwi Kota Malang dengan metode bermain dan berlomba / God Life Endob Mesak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mesak Endob Godlife. 2014. Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Lari Jarak Pendek pada Siswa Kelas VIII SMPK Marsudisiwi Kota Malang dengan Metode Bermain dan Berlomba. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mu arifin M.Pd (II) Dr. Saichudin M.Kes Kata kunci efektivitas pembelajaran lari jarak pendek metode bermain dan berlomba Tingkat efektivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru merupakan salah satu faktor utama kesuksesan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Efektivitas suatu kegiatan belajar dapat terlihat dari proses pembelajaran itu sendiri. Guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan harus kreatif dalam merancang pembelajaran salah satunya adalah dalam pembelajaran lari jarak pendek. Pembelajaran lari jarak pendek dapat dilakukan dengan metode bermain dan berlomba. Metode bermain dan berlomba merupakan salah satu pendekatan pembelajaran dalam pendidikan jasmani yang berpusat pada permainan dan siswa untuk membelajarkan tentang permainan yang berhubungan erat dengan olahraga dengan sifat pembelajaran yang konstruktif. Penelitian ini adalah tentang Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Lari Jarak Pendek pada Siswa Kelas VIII SMPK Marsudisiwi Kota Malang dengan Metode Bermain dan Berlomba . Permasalahannya yaitu bagaimana meningkatkan efektivitas pembelajaran lari jarak pendek di kelas VIII SMPK Marsudisiwi Kota Malang dengan metode bermain dan berlomba. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPK Marsudisiwi Kota Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas terdiri dari siklus-siklus yang saling berhubungan di mana pada tiap-tiap siklus terdiri dari tahap-tahapan (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (observasi) dan (4) Refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus. Pada siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dan pada siklus kedua terdiri dari satu kali pertemuan. Dari hasil pembelajaran lari jarak pendek dengan metode bermain dan berlomba Pada siklus I dilakukan dengan benar oleh siswa adalah sebanyak 18 siswa atau 62 1%. Pada berjalan dilanjutkan melompat teknik yang benar adalah sebanyak 12 siswa atau 41 4%. Pada berjalan dilanjutkan meloncat teknik yang benar yang dilakukan oleh siswa adalah sebanyak 13 siswa atau 44 8%. Pada teknik berjalan melompat dilanjutkan sprin gerakan benar adalah 48 3%. Sedangkan permainan melempar siswa yang melakukan gerakan benar sebesar 37 9%. Pada siklus II Berjalan di lanjutkan sprin meningkat menjadi 86 2% berjalan di lanjutkan melompat meningkat menjadi 82 8% berjalan di lanjutkan meloncat meningkat menjadi 79 3%. Berjalan melompat di lanjutkan sprin mengalami peningkatan menjadi 89 7% dan permainan melempar bola menjadi 75 9%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50069 |
Actions (login required)
View Item |