Pengembangan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) materi kebugaran jasmani siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi / Bunga Aulia Prastiwi

Prastiwi, Bunga Aulia (2014) Pengembangan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) materi kebugaran jasmani siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi / Bunga Aulia Prastiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prastiwi, Bunga Aulia. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif TGT Materi Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M. E. Winarno, M.Pd. (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, model pembelajaran kooperatif, team games tournament (TGT), kebugaran jasmani     Kebugaran jasmani sebagai salah satu materi olahraga yang diberikan di SMP Negeri 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan observasi terhadap satu orang guru dan 26 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi, di sekolah belum ada model permainan dalam pembelajaran kebugaran jasmani, sehingga membuat proses belajar mengajar kurang menyenangi cara mengajar yang diberikan oleh guru dan terkesan membosankan. Yang menyatakan hal tersebut sebanyak 85%. Permasalahan tentang model pembelajaran kooperatif yang kurang inovatif dan bervariasi dalam pembelajaran kebugaran jasmani tersebut menarik untuk dikaji. Peneliti tertarik mengkaji melalui penelitian dan pengembangan tentang model pembelajaran kooperatif TGT. Oleh karena itu, disusunlah rancangan produk pengembangan model pembelajaran kooperatif TGT.     Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan produk berupa model pembelajaran kooperatif TGT yang bervariasi sebagai upaya memecahkan masalah tentang kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran kebugaran jasmani.     Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase dan analisis kualitatif. Teknik analisis kuantitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan teknik data analisis kualitatif diperoleh dari kritik dan saran para ahli.     Model pembelajaran kooperatif TGT ini yang dikembangkan berasal dari saran atau masukan dan evaluasi para ahli, meliputi 2 orang ahli permainan, 2 orang ahli pembelajaran dan 2 orang ahli media. Hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif TGT kelas VIII di SMP Negeri 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi layak dan bisa digunakan oleh siswa serta guru di SMP Negeri 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Dari hasil uji coba kelompok kecil adalah 80,55% menyatakan bahwa produk yang dikembangkan mudah dipahami, produk sangat menarik dan siswa sangat membutuhkan model pembelajaran kooperatif TGT dan hasil uji coba kelompok besar adalah 87,86% menyatakan bahwa produk sangat jelas, mudah dipahami, sangat menarik, sangat bermanfaat dan siswa sangat membutuhkan model pembelajaran kooperatif TGT.     Saran model pembelajaran kooperatif TGT ini bisa menjadi salah satu alternatif pembelajaran kebugaran jasmani agar proses pembelajaran lebih inovatif dan variasi, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50060

Actions (login required)

View Item View Item