Penerapan metode bermain untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tolak peluru di kelas VIII SMP Negeri 3 Gempol Kab. Pasuruan / Aulia Akbar Ar Rosidy Saleh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode bermain untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tolak peluru di kelas VIII SMP Negeri 3 Gempol Kab. Pasuruan / Aulia Akbar Ar Rosidy Saleh

Saleh, Aulia Akbar Ar Rosidy (2014) Penerapan metode bermain untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tolak peluru di kelas VIII SMP Negeri 3 Gempol Kab. Pasuruan / Aulia Akbar Ar Rosidy Saleh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saleh Aulia Akbar Ar Rosyidi. 2014. Penerapan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Tolak Peluru di Kelas VIII B SMP Negeri 3 Gempol Kab. Pasuruan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mardianto M.Kes (II) Dr. Moch Yunus M.Kes. Kata Kunci meningkatkan keaktifan pembelajaran tolak peluru pendekatan bermain Olahraga tolak peluru adalah salah satu nomor lomba dalam atletik nomor lempar. Atlet tolak peluru melemparkan bola besi yang berat sejauh mungkin. Peluru ini merupakan peralatan utama dalam olahraga ini. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh hasil bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran tolak peluru masih belum optimal. Banyak siswa yang kurang aktif kurang senang dan kurang tekun dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tolak peluru di kelas VIII B SMP Negeri 3 Gempol Kab. Pasuruan yang belum optimal dengan menggunakan pendekatan bermain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran tolak peluru dengan menggunakan metode bermain. Melalui permainan ini siswa melakukan gerak dasar tolak peluru sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Gempol Kab. Pasuruan belum menunjukkan keaktifan dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran tolak peluru di kelas VIII B mengalami peningkatan setelah diberikan metode bermain. Presentase hasil belajar siswa adalah sebagai berikut (1). Terdapat 9 siswa (31%) yang aktif dalam mengikuti pembelajaran 19 siswa (69%) kurang aktif. Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 terdapat 15 siswa (53%) yang aktif 13 siswa (47%) kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Kemudian pada siklus 2 terdapat 26 siswa (92%) yang aktif 2 siswa (8%) kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Presentase dari indikator aktif diperoleh dengan menjumlah hasil skor yang diperoleh dari indikator aktif kemudian dibagi dengan hasil perkalian antara jumlah siswa dan lima deskriptor dari indikator aktif kemudian dikali 100%. (2). Terdapat 8 Siswa (30%) senang dalam mengikuti pembelajaran 20 siswa (70%) kurang senang mengikuti pembelajaran. Kemudian setelah diberikan tindakan pada siklus 1 terdapat 16 siswa (56%) senang mengikuti pembelajaran 12 siswa (44%)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50050

Actions (login required)

View Item View Item