Baroja, Adi Nur Faqih (2014) Penerapan metode bermain untuk meningkatkan gerak melayang pada lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Turen Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Adi Nur Faqih Baroja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Baroja Adi Nur Faqih. 2014. Penerapan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Gerak Melayang Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Turen Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M.E Winarno M.Pd (II) Dr. Supriyadi M.Kes. Kata kunci Metode Bermain Gerak Melayang Lompat Jauh Gaya Jongkok 12288 12288 12288 12288 Lompat jauh adalah suatu gerakan melompat menggunakan tumpuan satu kaki ke depan sejauh mungkin dengan tujuan mencapai jarak lompatan yang sejauh-jauhnya dan mempunyai empat unsur gerakan yaitu awalan tolakan melayang dan mendarat. Berdasarkan hasil observasi awal pada tanggal 15 November 2013 kelas VIII H SMP Negeri 1 Turen Kecamatan Turen Kabupaten Malang diperoleh data tentang tingkat keberhasilan menguasai keterampilan gerak awalan dengan persentase sebesar 61 62% gerak tumpuan dengan persentase sebesar 59 60% gerak melayang dengan persentase sebesar 51 51% dan gerak mendarat dengan persentase sebesar 68 69%. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan gerak melayang pada lompat jauh gaya jongkok dengan penerapan metode bermain siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Turen Kecamatan Turen Kabupaten Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriftif kuantitatif dan kulitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (observasi) dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Turen. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah melakukan pembelajaran dengan metode bermain terjadi perbaikan gerak melayang lompat jauh gaya jongkok siswa dari tiap siklusnya. Siklus 1 terdiri dari 3 pertemuan dan siklus 2 terdiridari 2 pertemuan. Tingkat keberhasilan siswa dalam mengusai gerak melayang pada siklus 1 sebesar 71 38%. Hasil dari siklus 2 menunjukkan tingkat keberhasilan siswa dalam menguasai gerak melayang sebesar 90 90%. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah penerapan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan gerak melayang lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Turen. Saran berdasarkan hasil penelitian ini yaitu (1) bagi penelitian diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran lain yang terkait mata pelajaran Pendidikan Jasamani dan Kesehatan (Penjas). (2) bagi guru Penjas di SMP Negeri 1 Turen agar menggunakan metode bermain dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok untuk pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50045 |
Actions (login required)
View Item |