Hardini, Caesar Enjang Caesarar (2014) Penerapan model permainan bola pilates untuk meningkatkan hasil belajar guling depan siswa kelas VII D SMO Negeri 4 Nganjuk / Caesar Enjang Hardini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hardini Caesar Enjang. 2014. Penerapan Model Permainan Bola Pilates Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan Siswa Kelas VII D SMP Negeri 4 Nganjuk. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mardianto M.Kes (II) I Nengah Sudjana S.pd M.Pd. Kata kunci Permainan Bola Pilates kelentukan tubuh guling depan 12288 12288 12288 12288 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan khususnya pada materi senam guling depan belum menerapkan macam-macam model permainan yang bervariasi dalam pembelajaran guling depan oleh karena itu model permainan bola pilates yang ditengarai dapat menambah kelentukan tubuh sehingga dapat mendukung pembelajaran guling depan. Hal tersebut diperkuat oleh hasil observasi saat guru melakukan tes senam lantai guling depan dengan hasil lebih dari 50% peserta belum berhasil melakukan tes tersebut dengan baik. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini untuk menigkatkan hasil belajar senam lantai guling depan dengan penerapan model permainan bola pilates dapat meningkatkan hasil belajar guling depan siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Nganjuk 12288 12288 12288 12288 Metode yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri 4 tahap pada setiuap siklus nya yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah permainan bola pilates untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Nganjuk 12288 12288 12288 12288 Hasil siklus pada siklus I saat melakukan awalan rata-rata prosentase siswa melakukan benar sebesar 89 2%% dan saat melakukan gerak guling depan sebesar 66 57% dan saat melakukan sikap akhir rata-rata siswa menjadi 81 58%. Hasil siklus 2 rata-rata nilai siswa melakukan sikap awalan yaitu sebesar 98 03% dan saat melakukan gerakan guling depan sebesar 93 58% dan saat melakukan gerakan akhir rata-rata sebesar 88 2% 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan bahwa melalui permainan bola pilates dapat meningkatkan hasil belajar senam guling depan siswa SMP Negeri 4 Nganjuk. Saran peneliti ialah Pada pembelajaran senam lantai guling depan sebaiknya guru pendidikan jasmani harus lebih variatif memberikan materi pembelajaran dengan permainan khususnya permainan bola pilates agar siswa tertarik dan lebih senang dalam memperhatikan materi pelajaran yang diberikan. 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50044 |
Actions (login required)
View Item |