Pengembangan pembelajaran tematik dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dengan pendekatan bermain untuk kelas IV SD / Tri Idawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran tematik dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dengan pendekatan bermain untuk kelas IV SD / Tri Idawati

Idawati, Tri (2014) Pengembangan pembelajaran tematik dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dengan pendekatan bermain untuk kelas IV SD / Tri Idawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Idawati Tri. 2014. Pengembangan Pembelajaran Tematik dalam Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan Pendekatan Bermain untuk Kelas IV SD. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Dr. Wasis D. Dwiyogo M.Pd. (II) Drs. Lokananta Teguh Hari Wiguno M.Kes. Kata Kunci Pembelajaran Tematik Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pendekatan Bermain dan Multimedia Interaktif 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran tematik merupakan inovasi baru dalam pendekatan pembelajaran di SD yang telah berkembang saat ini. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan bersama ilmu lain membangun konsep utuh. Sejauh ini Dinas Pendidikan Nasional masih belum memberlakukan pembelajaran tematik ini untuk seluruh sekolah dasar di Indonesia. Hanya beberapa sekolah dasar yang terpilih yang ditunjuk untuk melakukan uji coba penerapan pembelajaran tematik. Banyak sekolah lain yang asing dengan pembelajaran tematik. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran tematik dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan pendekatan bermain untuk kelas IV SD agar dapat dijadikan alternatif pembelajaran bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan demi tercapainya tujuan KI dan KD yang telah ditetapkan. 12288 12288 12288 12288 Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg Gall yaitu sebagai berikut 1) analisis kebutuhan (2) perencanaan pengembangan produk (3) pengembangan rancangan produk (4) uji coba kelompok kecil (5) revisi produk pertama berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil (6) uji coba lapangan (kelompok besar) dan (7) revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar. 12288 12288 12288 12288 Hasil akhir dari kegiatan penelitian dan pengembangan ini adalah berupa pembelajaran tematik dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan pendekatan bermain yang dikemas dalam multimedia interaktif dengan format exe menggunakan AutoPlay Media Studio 8.0.6.0. Analisis data validasi ahli media diperoleh hasil 91 25% dengan kategori sangat valid analisis data validasi ahli pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan diperoleh hasil 79 01% dengan kategori cukup valid analisis data uji coba kelompok kecil terhadap siswa diperoleh hasil 94 26% dengan kategori sangat valid analisis data uji coba kelompok kecil terhadap guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan diperoleh hasil 91 13% dengan kategori sangat valid analisis data uji coba kelompok besar terhadap siswa diperoleh hasil 94 41% dengan kategori sangat valid dan analisis data uji coba kelompok besar terhadap guru pendidikan jasmani diperoleh hasil 91 13% dengan kategori sangat valid. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan pendekatan bermain untuk kelas IV SD dapat digunakan bagi guru sebagai alternatif pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50041

Actions (login required)

View Item View Item