Hartanto, Adhitya Dwi (2014) Upaya meningkatkan ranah afektif peserta didik dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi menggunakan model permainan lompat dan loncat pada peserta didik kelas V SDN Sumberagung 03 Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar / Adhitya Dwi Hartanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hertanto Adhitya Dwi. 2014. Upaya Meningkatkan Ranah Afektif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Tinggi Menggunakan Model Permainan Lompat dan Loncat Pada Peserta Didik Kelas V SDN Sumberagung 03 Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Supriatna M. Pd (II) Drs. Mardianto M. Kes. Kata Kunci Afektif peserta didik dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi peningkatan permainan. 12288 12288 12288 12288 Salah satu materi pendidikan jasmani yang terdapat dalam SK dan KD semester II di Sekolah dasar kelas V adalah gerak dasar lompat tinggi. Di dalam materi ini meliputi gerak dasar lompat yaitu awalan tolakan saat diudara mendarat. Berdasarkan hasil observasi awal dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi yang dilakukan telah diperoleh temuan bahwa keaktifan peserta didik masih kurang ini dapat dilihat dari hasil afektif peserta didik yaitu 1) Giat hanya 10 peserta didik atau 41 70% yang masuk dalam sub indikator giat 2) Senang hanya 8 peserta didik atau 33 40% 3) Semangat hanya 8 peserta didik atau 33 40% yang berarti menunjukan afektif peserta didik belum terlihat maksimal dan peserta didik kurang merasa senang dengan pembelajaran gerak dasar lompat tinggi. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan afektif peserta didik dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi dengan menggunakan model permainan lompat dan loncat peserta didik kelas V SDN Sumberagung 03 Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dokumentasi dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Perbaikan pembelajaran dalam PTK ini menggunakan model permainan lompat dan loncat. Tujuan penerapan pendekatan permainan ini adalah agar peserta didik kelas V SDN Sumberagung 03 lebih meningkatkan afektif pada saat pembelajaran gerak dasar Lompat tinggi. Dalam penelitian ini melibatkan peneliti sebagai pendidik dan dua orang pendidik sejawat pendidikan jasmani yang secara kolaborasi menyusun rencana tindakan yang akan dilakukan. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa afektif peserta didik dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi mengalami peningkatan setelah. Dari variabel giat pada siklus 1 adalah 41 70% menjadi 67 60% senang pada siklus 1 adalah 33 40% menjadi 73 62% semangat pada siklus 1 adalah 33 40% menjadi 81 95% 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil temuan pada penelitian dapat disimpulkan bahwa model permainan lompat tali Balap karung Lompat angka loncat tepuk tangan Kangguru melompati ranjau Katak mencari harta karun dapat meningkatkan afektif dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi peserta didik kelas V SDN Sumberagung 03 Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50039 |
Actions (login required)
View Item |