Pengembangan media pembelajaran pendidikan jasmani pada materi atletik berbasis multimedia interaktif untuk kelas XI SMA / Khoirul Anam - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran pendidikan jasmani pada materi atletik berbasis multimedia interaktif untuk kelas XI SMA / Khoirul Anam

Anam, Khoirul (2014) Pengembangan media pembelajaran pendidikan jasmani pada materi atletik berbasis multimedia interaktif untuk kelas XI SMA / Khoirul Anam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anam Khoirul. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Materi Atletik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Kelas XI SMA. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wasis D. Dwiyogo M.Pd. (II) Febrita Paulina. H S.Pd. M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran multimedia interaktif atletik Atletik termasuk salah satu cabang olahraga yang terdiri dari nomor lari/jalan lompat dan lempar. Atletik merupakan salah satu materi yang dipelajari pada siswa SMA (Sekolah Menengah Atas) kelas XI. Berdasarkan analisis kebutuhan (need assessment) yang dilakukan pada tanggal 3-8 Februari 2014 melalui observasi dan penyebaran angket terhadap 30 siswa kelas XI dan 9 guru yang tersebar di SMA Yayasan Pandaan SMK PGRI Pandaan dan SMA Ma arif NU Pandaan terungkap bahwa kemudahan penjelasan guru dalam materi atletik diperoleh hasil 16 67% menjawab mudah 33 33% menjawab sulit dan 50% menjawab sangat sulit. Selain itu hambatan guru dalam pembelajaran atletik diperoleh hasil 55 56% menjawab pemahaman materi 88 89% menjawab mengembangkan media pembelajaran dan 11 11% menjawab pengembangan permainan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran pendidikan jasmani pada materi atletik berbasis multimedia interaktif untuk kelas XI SMA sehingga pembelajaran lebih menarik dan materi lebih mudah dipahami. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall (1983 775) langkah-langkah tersebut adalah (1) melakukan analisis kebutuhan (2) mengembangkan produk awal (3) evaluasi ahli (4) uji coba kelompok kecil (5) revisi produk (6) uji coba kelompok besar (7) revisi produk berdasarkan uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Produk yang dikembangkan adalah media pembelajaran yang dibuat dari aplikasi Auto play Media Studio 8.1 yang mempunyai kelebihan yaitu produk dapat langsung dibuka tanpa menginstal aplikasi Auto play. Pada produk yang dihasilkan terdapat penjelasan mengenai materi jalan cepat lari jarak dekat lari jarak menengah lari jarak jauh lari gawang lari halang rintang lompat tinggi lompat jauh lompat jangkit lempar lembing dan tolak peluru yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SMA. Produk pengembangan ini melalui beberapa tahap yaitu justifikasi ahli dan uji coba kelompok. Dari beberapa tahap tersebut media pembelajaran pendidikan jasmani pada materi atletik berbasis multimedia interaktif dapat disimpulkan bahwa diperoleh hasil 89 91% dari ahli pembelajaran atletik diperoleh hasil 82 69% dari ahli media diperoleh hasil 84 75% dari uji coba kelompok kecil dan diperoleh hasil 85 81% dari uji coba kelompok besar sehingga produk pengembangan layak untuk digunakan. Hasil pengembangan ini hanya sampai tersusun sebuah produk belum sampai pada tingkat efektifitas produk yang dikembangkan jadi sebaiknya dilanjutkan pada penelitian mengenai efektifitas produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50031

Actions (login required)

View Item View Item