Upaya meningkatkan sikap siswa dalam materi gerak dasar atletik melalui metode bermain pada siswa kelas V SDN Tajinan 02 Kabupaten Malang / Satrio Pujo Sasmito - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan sikap siswa dalam materi gerak dasar atletik melalui metode bermain pada siswa kelas V SDN Tajinan 02 Kabupaten Malang / Satrio Pujo Sasmito

Sasmito, Satrio Pujo (2014) Upaya meningkatkan sikap siswa dalam materi gerak dasar atletik melalui metode bermain pada siswa kelas V SDN Tajinan 02 Kabupaten Malang / Satrio Pujo Sasmito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sasmito Satrio Pujo. 2014. Upaya Meningkatkan Afektivitas Gerak Dasar Atletik melalui Metode Bermain pada Siswa Kelas V SDN Tajinan 02 Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tatok Sugiarto S.Pd M.Pd (II) I Nengah Sudjana S.Pd M.Pd. Kata kunci meningkatkan afektivitas gerak dasar atletik metode bermain. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran pendidikan jasmani memiliki beberapa domain/ranah salah satunya adalah afektif. Afektivitas gerak dasar atletik siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tajinan 02 Kabupaten Malang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil observasi awal sikap siswa pada materi gerak dasar atletik masih tergolong rendah sebagian besar dari siswa cenderung kurang partisipatif dan tidak percaya diri dalam melakukan setiap gerakan serta metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru menjadikan siswa kurang bersemangat sehingga perlu ditingkatkan melalui metode pembelajaran lainnya. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan afektivitas gerak dasar atletik melalui metode bermain. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilaksanakan dengan 2 siklus di mana masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas V SDN Tajinan 02 Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif maupun kuantitatif. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data tersebut temuan penelitian yang dihasilkan adalah penerapan metode bermain untuk meningkatkan afektivitas gerak dasar siswa berhasil mencapai KKM. Sikap siswa pada materi gerak dasar atletik pada siklus 1 pertemuan pertama yaitu 51.3% pertemuan kedua sebesar 57.2% dan pertemuan ketiga sebesar 64.2%. Siklus 1 mengalami peningkatan yang kurang signifikan sehingga penelitian dilanjutkan dengan siklus 2 dan memperoleh hasil antara lain pada pertemuan pertama yaitu 66.8% pertemuan kedua sebesar 68.5% dan pertemuan ketiga sebesar 78.5%. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan metode bermain pada variasi gerak dasar atletik dapat meningkatkan afektivitas siswa kelas V SDN Tajinan 02 Kabupaten Malang. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan kepada beberapa pihak antara lain (1) bagi Guru Pendidikan Jasmani SDN Tajinan 02 hendaknya guru menggunakan metode pembelajaran yang lebih variatif dan guru lebih memperhatikan pula aspek afektif (2) bagi Siswa hendaknya lebih meningkatkan partisipasinya (3) bagi SDN Tajinan 02 hendaknya dapat mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas sekolah dan (4) bagi peneliti lain hendaknya dijadikan sebagai rujukan penelitian serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50017

Actions (login required)

View Item View Item