Pengembangan model-model permainan untuk pembelajaran bolatangan bagi siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang / Oktanda Prima Utama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model-model permainan untuk pembelajaran bolatangan bagi siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang / Oktanda Prima Utama

Utama, Oktanda Prima (2014) Pengembangan model-model permainan untuk pembelajaran bolatangan bagi siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang / Oktanda Prima Utama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Utama Oktanda Prima. 2014. Pengembangan Model-model Permainan untuk Pembelajaran Bolatangan bagi Siswa Kelas X SMK Negeri 11 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mulyani Surendra M.S (2) Usman Wahyudi S.Pd M.Pd Kata kunci model-model permainan pembelajaran bolatangan 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti dengan guru pendidikan jasmani dan siswa SMK Negeri 11 Malang pada tanggal 19-20 Desember 2013 pembelajaran bolatangan yang dilakukan belum pernah menggunakan pengembangan model-model permainan serta respon siswa terhadap materi bolatangan sangat kurang. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada guru pengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan menyatakan bahwa minat siswa sangat kurang terhadap materi bolatangan. Penyebaran angket terhadap 40 siswa diperoleh hasil 5 siswa menjawab menyenangkan 27 menjawab kurang menyenangkan dan 8 menjawab tidak menyenangkan untuk pembelajaran bolatangan. Ketika pembelajaran guru jarang memberikan model-model pembelajaran dalam bentuk permainan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan model-model permainan untuk pembelajaran bolatangan. Diharapkan pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam pembelajaran agar siswa lebih antusias dan senang dalam pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian yang dilaksanakan SMK Negeri 11 Malang ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan metode prosedural dari Borg dan Gall. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket. 12288 12288 12288 12288 Hasil pengembangan model-model permainan untuk pembelajaran bolatangan kelas X diperoleh data sebagai berikut (1) justifikasi ahli permainan masuk kriteria baik sekali (2) justifikasi ahli pembelajaran bolatangan masuk kriteria baik (3) justifikasi ahli media masuk kriteria baik (4) uji coba kelompok kecil masuk kriteria baik sekali (5) uji coba kelompok besar masuk kriteria baik sekali. Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan menarik untuk dilakukan aman untuk dilakukan mudah untuk dilakukan tepat untuk dilakukan serta bermanfaat untuk siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang. Produk yang dikembangkan mempunyai kemenarikan dalam produk permainan karena model-model permainan dibuat permainan beregu/kelompok dengan media-media dan sistem kompetisi. Permainan aman dilakukan karena setiap regu mempunyai aturan-aturan permainan yang tegas dan media mencukupi. Permainan mudah untuk dilakukan dengan konsep langkah-langkah yang mudah dipahami. Permainan tepat untuk kelas X SMK karena diadaptasikan dengan ciri-ciri khusus anak usia remaja. Kebermanfaatan permainan sangat dominan untuk memberikan kebebasan gerak seluas-luasnya dan rasa senang pada diri anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50011

Actions (login required)

View Item View Item