Pengembangan model permainan untuk pembelajaran lari estafet peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Batu / Muhammad Bangkit Pahalawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model permainan untuk pembelajaran lari estafet peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Batu / Muhammad Bangkit Pahalawan

Pahalawan, Muhammad Bangkit (2014) Pengembangan model permainan untuk pembelajaran lari estafet peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Batu / Muhammad Bangkit Pahalawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pahalawan Muhammad Bangkit. 2014. Pengembangan Model Permainan untuk Pembelajaran Lari Estafet Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Tomi M.Pd (II) Drs. H. Agus Gatot Subiyantoro M.Kes. Kata Kunci Pengembangan bermain pembelajaran lari estafet 12288 12288 12288 12288 Atletik merupakan kegiatan manusia yang dilakukan setiap hari meliputi jalan lari lempar dan lompat dalam perkembangannya atletik dijadikan sebagai cabang olahraga yang diperlombakan sejak zaman yunani kuno. Lari merupakan gerakan mempercepat langkah dengan gerak berputar pada kaki dengan frekuensi yang cepat lari estafet merupakan kegiatan berlari dengan memberikan tongkat kepada pelari selanjutnya pelari yang berjumlah empat orang dalam satu tim selain harus memiliki kecepatan yang berimbang harus pula mampu melakukan operan tongkat secara tepat sebagai satu prasyarat dan tidak menyalahi aturan pergatian tongkat. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di SMP Negeri 4 Kota Batu Pada materi atletik khususnya lari estafet belum pernah di berikan pada peserta didik. Hal ini diketahui dari hasil observasi yang dilakukan tanggal 20 Januari 2014 ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan yaitu pendidik belum pernah memberikan materi lari estafet kendala lain yang ditemukan oleh peneliti bahwa pendidik pendidikan jasmani di sekolah tersebut kurang dalam pengetahuan mengenai pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga ini terbukti bahwa dua guru pendidikan jasmani bukan dari Fakultas ilmu keolahragaan melainkan dari Jurusan Teknologi Informasi dan Fakultas ilmu sosial sehingga pendidik tidak mengetahui pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan yang sebenarnya. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis kebutuhan dalam bentuk angket kepada 26 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Batu pada tanggal 20 Januari 2014 yaitu ke 26 peserta didik menyatakan bahwa 18 (69%) peserta didik pernah mendapatkan materi atletik 23 (88%) peserta didik belum mengetahui atau belum mendapatkan materi lari estafet jika materi lari estafet pernah diajarkan apakah kalian mengalami kesulitan saat jalannya pembelajaran 24 (89%) peserta didik menyatakan tidak pernah di berikan materi lari estafet oleh pendidik 24 (89%) peserta didik setuju apabila dikembangkan model permainan pada saat materi lari estafet. 12288 12288 12288 12288 Tujuan Penelitian menggunakan model permainan lari estafet dengan harapan mengenalkan dan mengajarkan kepada peserta didik cara memberi dan menerima tongkat serta ayunan tangan saat memberikan dan menerima tongkat peserta didik senang lebih aktif dalam jalannya pembelajaran merasa tertantang dan tidak jenuh saat melakukan materi lari estafet. Penelitian ini merujuk pada metode penelitan research and development Borg dan Gall. Analisis yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif untuk memaparkan hasil pengumpulan data pada penelitian awal yaitu analisis kebutuhan evaluasi ahli uji kelompok kecil dan kelompok besar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil evaluasi seorang ahli atletik diperoleh persentase 87% presentase tersebut termasuk dalam kategori Sangat Valid seorang ahli permainan diperoleh persentase 75% presentasi tersebut termasuk dalam kategori Cukup valid dan seorang ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan diperoleh persentase 97% presentasi tersebut termasuk dalam kategori Sangat Valid. Berdasarkan uji coba kelompok kecil sebanyak 8 peserta didik kelas VIII B diperoleh persentase dengan hasil rata-rata 92% dari uji coba kelompok besar dengan subjek sebanyak 43 peserta didik kelas VIII B dan F mendapatkan hasil persentase dengan rata-rata 87% Disimpulkan bahwa pengembangan model permainan lari estafet memenuhi kelayakan sebagai prasyarat untuk digunakan pada peserta didik kelas VIII B dan F di SMP Negeri 4 Kota Batu. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan produk ini berupa model permainan lari estafet untuk peserta didik di SMP Negeri 4 Kota Batu yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan materi atletik khususnya lari estafet. Produk yang telah dikembangkan oleh peneliti tersebut dilengkapai dengan buku panduan permainan lari estafet sehingga diharapkan peserta didik mampu belajar secara mandiri dan pendidik dapat memanfaatkan buku panduan tersebut untuk proses kelancaran pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50007

Actions (login required)

View Item View Item