Suyanto, Edy (2014) Meningkatkan efektivitas passing bawah bolavoli dengan menggunakan metode part and whole pada siswa kelas XI IPA 1 SMAN 2 Kota Batu / Edy Suyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Suyanto Edy. 2014. Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli dengan Menggunakan Metode Part and Whole pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 2 Kota Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mu arifin M.Pd (II) Drs. Mardianto M.Kes Kata Kunci Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli Metode Part and Whole. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan usaha sadar untuk mewujudkan suatu generasi penerus bangsa yang sehat secara jasmani dan rohani maka melalui pendidikan ini sangat penting untuk mengembangkan potensi siswa secara positif. Meningkatkan efektifitas dalam pembelajaran dibidang pendidikan jasmani sangat dibutuhkan akan tetapi untuk peneliti disini lebih terfokus pada pembelajaran passing bawah bolavoli dengan menggunakan metode part and whole pada siswa kelas XI IPA 1 SMAN 2 Kota Batu.Pada observasi awal yang telah dilakukan peneliti menemukan kesenjangan antara harapan dengan kenyataan untuk itu diperlukan suatu penelitian. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui dan mengatasi masalah yang terjadi dan meningkatlkan efektivitas pembelajaran khususnya tentang passing bawah bolavoli. Cara perolehan data pada penelitian ini dengan cara observasi dan penelitian ini menggunakan metode Part and Whole. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap siswa dengan memperhatikan gerakan passing bawah bolavoli menunjukkan hasil yang mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Terdapat peningkatan dari siklus I telah ditemukan 21 siswa (70 %) sudah bisa memposisikan kaki pada saat melakukan gerakan passing bawah bolavoli dan pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu diketahui seluruh 30 siswa atau (100 %) sudah bisa memposisikan kaki secara benar. Siklus I pada posisi lutut terdapat 18 siswa atau (60%) sudah bisa memposisikan lutut dengan baik dan pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu 25 siswa atau (83 33%) sudah bisa memposisikan lutut dengan baik. Siklus I pada posisi lengan terdapat 16 (53 33%) sudah bisa memposisikan lengan dengan baik dan pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu 28 siswa (93%) sudah bisa memposisikan lengan dengan baik. Siklus I pada posisi perkenaan bola terdapat 12 siswa atau (40%) dapat menunjukkan cara perkenaan bola sesuai yang diharapkan dan pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu 25 siswa atau (83 33%) dapat menunjukkan cara perkenaan bola sesuai yang diharapkan. Siklus I pada posisi arah bola terdapat 10 siswa atau (33 33%) sudah dapat menunjukkan kriteria bola melambung dengan baik dan pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu 24 siswa atau (80%) sudah dapat menunjukkan kriteria bola melambung dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50001 |
Actions (login required)
View Item |