Pratiwi, Vidya (2010) Pengembangan media video pembelajaran sub pokok bahasan sistem saraf pada manusia kelas XI SMA Negeri 2 Situbondo / Vidya Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pratiwi Vidya. 2008. Pengembangan Media Video Pembelajaran Sub Pokok Bahasan Sistem Saraf pada Manusia Kelas XI SMA Negeri 2 Situbondo. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Muhammad Efendi M.Pd M.Kes (II) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A. Kata kunci Pengembangan Media Video pembelajaran Sistem Saraf Pada Manusia Media video pembelajaran sebagai salah satu alternatif media pembelajaran dan merupakan bagian yang sangat menentukan efektivitas dan efesiensi pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran di lingkungan sekolah maka proses pembelajaran akan berjalan lebih efektif. Pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk merancang dan membuat produk sajian mata pelajaran biologi sub pokok bahasan Sistem Saraf pada Manusia Kelas XI SMA Negeri 2 Sitbondo.dalam bentuk media video pembelajaran yang efektif. Sedangkan materi yang tertuang dalam pengembangan media video ini adalah materi tentang Sistem Saraf pada Manusia. Pengembangan ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Pengembangan terlaksana dengan terlebih dahulu dilakukan kegiatan validasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket pada uji coba perseorangan (ahli media ahli materi) audiens/siswa kelompok kecil dan audiens/siswa kelompok besar (lapangan). Untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan tes berbentuk pilihan ganda berupa pre-test dan post-test. Sedangkan analisis data yang digunakan untuk mengolah data dari responden ahli media ahli materi dan audiens/siswa menggunakan teknik prosentase. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis uji t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan uji coba/ validasi media video pembelajaran yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut ahli media 75% ahli materi 76 3% audiens/siswa kelompok kecil 71 5% dan audiens/siswa kelompok besar (lapangan) 71 6%. Dari hasil penelitian pengembangan tersebut berdasarkan kriteria yang ditentukan masing-masing memenuhi kriteria valid. Hasil uji t menunjukkan bahwa t hitung 11 564 dan d.b 29 selanjutnya dilakukan perbandingan dengan t tabel. Diketahui harga t tabel pada taraf signifikan 5% 2 042. Bila dibandingkan dengan harga t hitung 11 564 maka 11 564 2 042 . Hasil pengujian hipotesis dengan rumus statistik Ho ditolak karena ada perbedaan yang berarti hasil belajar antara siswa yang belajar sebelum menggunakan media video pembelajaran Sub Pokok Bahasan Sistem Saraf pada Manusia dengan sesudah menggunakan media video pembelajaran Sub Pokok Bahasan Sistem Saraf pada Manusia. Artinya hasil belajar siswa yang menggunakan media video pembelajaran ini pembelajarannya lebih baik dan ada peningkatan hasil belajar. Saran demi kesempurnaan media video pembelajaran sub pokok bahasan Sistem Saraf pada Manusia adalah sebagai berikut 1) untuk dijadikan bahan pertimbangan sebagai alternatif media untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran 2) untuk guru dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran 3) untuk pengembang selanjutnya perlu kajian lebih dalam untuk materi dan persiapan yang matang 4) untuk Jurusan teknologi Pendidikan sebagai masukan untuk dapat menambah informasi dan wawasan yang lebih luas kepada para dosen Jurusan Teknologi Pendidikan untuk menunjukkan kinerja dan kemampuan yang lebih optimal dalam kegiatan penelitian pengembangan maupun dalam menghasilkan produk media yang kreatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50 |
Actions (login required)
View Item |