Pengembangan pembelajaran lempar cakram dengan menggunakan model-model permainan untuk siswa kelas XI SMK Negeri 5 Kota Malang / Ferry Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran lempar cakram dengan menggunakan model-model permainan untuk siswa kelas XI SMK Negeri 5 Kota Malang / Ferry Wibowo

Wibowo, Ferry (2014) Pengembangan pembelajaran lempar cakram dengan menggunakan model-model permainan untuk siswa kelas XI SMK Negeri 5 Kota Malang / Ferry Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wibowo Ferry. 2014. Pengembangan Pembelajaran Lempar Cakram dengan Menggunakan Model-Model Permainan Siswa Kelas XI SMK Negeri 5 Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M.E. Winarno M.Pd (II) Dra. Sri Purnami M.Pd Kata Kunci pembelajaran lempar cakram permainan Berdasarkan observasi awal yang dilakukan tanggal 10 Oktober 2013 di SMK Negeri 5 Malang pembelajaran lempar cakram belum pernah menggunakan permainan dalam pembelajarannya guru pendidikan jasmani dan kesehatan memberikan pemanasan penjelasan materi diberi contoh gerakan lalu mencoba melakukan dengan menggunakan cakram terakhir melakukan evaluasi dan penilaian. Dalam proses pembelajaran lempar cakram tersebut siswa kurang antusias dan tidak adanya ketertarikan siswa dalam melakukan pembelajaran lempar cakram. Dari hasil penyebaran angket diperoleh hasil 92% siswa merasa senang dan bersemangat jika pembelajaran lempar cakram dilakukan dengan menggunakan model-model permainan Baik guru maupun siswa menyatakan kesetujuannya terhadap pengembangan yang dilakukan peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran lempar cakram untuk kelas XI SMK Negeri 5 Malang dengan menggunakan model-model permainan sehingga pengembangan pembelajaran tersebut dapat membantu proses pembelajaran dan pembelajaran lempar cakram menjadi lebih bervariasi. Diharapkan pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam pembelajaran agar siswa lebih antusias dan senang dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengembangan atau research and development Borg and Gall. Dari 10 langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg And Gall peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah saja. (1) pengumpulan informasi (2) rancangan produk awal (3) evaluasi ahli (4) revisi I (5) uji coba tahap I (6) revisi II dan uji coba tahap II (7) revisi dan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner (8) produk dikemas dalam bentuk buku pembelajaran lempar cakram. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah model-model permainan untuk pembelajaran lempar cakram siswa kelas XI SMK Negeri 5 Malang dengan spesifikasi produk permainan menarik untuk dilakukan siswa permainan aman dilakukan oleh siswa permainan bersifat kompetisi serta permainan bermanfaat untuk siswa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil justifikasi 2 ahli pembelajaran 74 00% dan 1 ahli atletik sebesar 82 50% serta uji coba kelompok kecil sebesar 78 33% dan uji coba kelompok besar 79 43% berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan. Mengingat penelitian ini belum diketahui tentang tingkat keefektifannya maka peneliti menyarankan untuk dikaji ulang sebelum disebarluaskan dan disesuaikan pada situasi dan kondisi yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49993

Actions (login required)

View Item View Item