Kusumoningrad, Fajar (2014) Pengembangan pembelajaran materi pokok makanan dan minuman sehat menggunakan E-Book untuk siswa kelas X SMK / Fajar Kusumoningrad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kusumoningrad Fajar. 2014. Pengembangan Pembelajaran Materi Pokok Makanan dan Minuman Sehat Menggunakan E-Book untuk Siswa Kelas X SMK. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tatok Sugiarto S.Pd. M.Pd (II) Drs. Mulyani Surendra M.S. Kata Kunci Pengembangan Pembelajaran Makanan dan Minuman Sehat E-Book. 12288 12288 12288 12288 Proses belajar mengajar adalah suatu komunikasi yaitu proses penyampaian informasi antara guru dan siswa dalam suatu kondisi pembelajaran. Ada banyak metode untuk menyampaikan informasi kepada siswa salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Dengan media pembelajaran siswa diharapkan dapat mudah memahami materi pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan pembelajaran materi pokok makanan dan minuman sehat menggunakan E-Book untuk siswa kelas X SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan dari Borg dan Gall. Dari 10 langkah yang dikemukakan peneliti hanya mengambil sampai langkah ke 7 saja meliputi (1) melakukan perencanaan penelitian (2) menyusun produk awal (3) evaluasi ahli (4) revisi produk pertama (5) uji coba kelompok kecil (6) revisi produk kedua (7) uji coba kelompok besar (8) produk akhir berupa E-Book. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan data dari 3 ahli diperoleh saran perbaikan produk sebagai berikut penggunaan gambar yang sesuai dengan konsep akan memberi kemudahan kepada siswa dalam memahami isi materi ajar gambar animasi pada E-Book diganti dengan gambar asli tambahkan kelebihan dan kekurangan mengkonsumsi zat gizi asam lemak esensial ditemukan pada bahan makanan jenis apa saja cara menjaga menambah dan menurunkan berat badan ideal buku panduan diubah menjadi seperti leaflet kata maju pada pembuka E-Book diganti menjadi buka perpindahan slide otomatis pada bagian pembuka dihilangkan animasi kalimat perintah untuk memilih menu pada home diperbaiki warna tampilan tiap menu disesuaikan dengan warna button kata iya pada tombol exit diganti menjadi ya beberapa soal pada kuis perlu penambahan gambar. Dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh data sebesar 73 64% yang berarti data dinyatakan cukup valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil pada uji coba kelompok besar diperoleh data sebesar 85 37% yang berarti data cukup valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil. Dengan demikian E-Book dapat dipergunakan untuk pembelajaran setelah dilakukan revisi kecil berdasarkan data yang diperoleh selama melakukan uji coba penelitian. 12288 12288 12288 12288 Hasil produk pengembangan berupa pembelajaran menggunakan E-Book mempunyai kelebihan sebagai berikut (1) mudah untuk dipelajari dan dipahami karena dilengkapi tombol-tombol menu dan gambar penjelas pada setiap materi (2) praktis untuk digunakan karena berupa soft file (3) siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran karena kemasan E-Book yang menarik. Pengembangan pembelajaran menggunakan E-Book ini diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi makanan dan minuman sehat kepada siswa dengan metode pembelajaran yang lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49992 |
Actions (login required)
View Item |