Pengembangan pembelajaran peraturan permainan futsal menggunakan media buku saku bagi peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Lumajang / Ardhi Cahya Renjana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran peraturan permainan futsal menggunakan media buku saku bagi peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Lumajang / Ardhi Cahya Renjana

Renjana, Ardhi Cahya (2014) Pengembangan pembelajaran peraturan permainan futsal menggunakan media buku saku bagi peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Lumajang / Ardhi Cahya Renjana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Renjana Ardhi Cahya. 2014. Pengembangan Pembelajaran Peraturan Permainan Futsal Menggunakan Media Buku Saku Bagi Peserta Ekstrakulikuler Futsal SMA Negeri 1 Lumajang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eko Hariyanto M.Pd (II) I Nengah Sudjana S.Pd M.Pd. Kata Kunci pengembangan pembelajaran peraturan permainan futsal media buku saku 12288 12288 12288 12288 Olahraga futsal adalah olahraga yang identik dengan aturan yang tegas tentang kontak fisik. Kenyataan di lapangan proses kegiatan ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Lumajang diantaranya (1) siswa hanya sekedar bermain (2) siswa hanya memainkan bola dan memasukkan bola ke gawang (3) siswa hanya belajar teknik dan strategi (4) siswa jarang diajarkan tentang peraturan permainan futsal (5) media yang digunakan siswa hanya 1 yaitu pelatih. selain itu siswa tidak pernah membaca buku tentang peraturan permainan futsal karena tidak tersedianya media cetak yang mendukung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran peraturan permainan futsal menggunakan media buku saku bagi peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Lumajang yang dapat digunakan sebagai acuan/pemahaman dalam proses kegiatan ekstrakurikuler futsal dan saat pertandingan. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan model dari Borg dan Gall yang dimodifikasi sebagai berikut (1) melakukan penelitian dan mengumpulkan data awal termasuk kajian pustaka dan analisis kebutuhan (2) mengembangkan produk awal (3) evaluasi 3 ahli yaitu 1 ahli media 1 ahli perwasitan futsal 1 ahli pembelajaran futsal (4) uji coba kelompok kecil (5) revisi produk berdasarkan para ahli dan uji coba kelompok kecil (6) uji coba kelompok besar (7) revisi produk akhir berdasarkan hasil kelebihan dan ke-kurangan dari produk sesuai saran dari hasil uji kelompok besar (8) hasil akhir dari produk ini adalah buku saku peraturan permainan futsal (9) pengujian produk akhir peneliti memberikan uji coba soal tes awal (pre test) dan memberikan perlakuan dengan membelajarkan peraturan permainan futsal menggunakan media buku saku selama 8 kali pertemuan dalam 3 minggu (10) uji coba tes soal akhir (post test) ini digunakan untuk mengetahui keberhasilan dan keefektivan dari produk yang dibuat (11) hasil akhir produk pengembangan adalah hasil dari revisi produk akhir dan pengujian produk akhir. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil uji coba kelompok kecil didapat presentase 100% dengan kreteria sangat baik pada uji coba kelompok besar diperoleh presentase 88% dengan kriteria sangat baik maka produk buku saku peraturan permainan futsal dapat digunakan. Pada pengujian produk akhir nilai rata-rata pre test peserta 50.1 dan nilai rata-rata post test 76.6 dengan hasil uji normalitas menggunakan one-sample kolmogorov-smirnov test yang diperoleh pre test 0 795 dan post test 0 511 kesimpulan data yang diperoleh normal karena lebih besar dari 0 05. Maka data tersebut boleh digunakan untuk persyaratan teknik analisis uji-t paired samples t-test. Dari hasil analisis uji-t pired samples t test uji signifikansi t hitung 15 903 t tabel 1% 2 750. Karena t hitung lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi 1% maka hipotesis ditolak. Kesimpulannya ada perbedaan yang signifikan antara uji coba soal tes awal (pre test) dengan uji coba soal tes akhir (post test) setelah diberi perlakuan. Dengan kata lain pembelajaran peraturan permainan futsal menggunakan media buku saku sangat efektif dan efisien untuk untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa dalam memahami peraturan permain futsal. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini disarankan agar dilakukan uji coba secara berulang-ulang pada subyek yang lebih besar dan diharapkan dapat disosialisasikan kepada sekolah-sekolah yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler futsal peneliti sendiri dan peneliti lain untuk dikembangkan ke arah lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49991

Actions (login required)

View Item View Item