Upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lari sambung (estafet) melalui metode bermain di kelas XI KC SMK Kartika IV-1 Malang / Mohammad Rizal Husein Nur Afdloli - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lari sambung (estafet) melalui metode bermain di kelas XI KC SMK Kartika IV-1 Malang / Mohammad Rizal Husein Nur Afdloli

Afdloli, Mohammad Rizal Husein Nur (2014) Upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lari sambung (estafet) melalui metode bermain di kelas XI KC SMK Kartika IV-1 Malang / Mohammad Rizal Husein Nur Afdloli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Afdloli M. Rizal Husein N. 2014. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Lari Sambung (Estafet) Melalui Metode Bermain di Kelas XII Kc SMK Kartika IV-1 Malang . Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mardianto M.Kes (II) Dra. Sri Purnami M.Pd. Kata Kunci meningkatkan keaktifan pembelajaran lari sambung (estafet) metode bermain 12288 12288 12288 12288 Lari sambung (estafet) adalah salah satu nomor lomba lari yang menggunakan sebuah tongkat yang berukuran panjang sekitar 30 cm. Observasi awal yang diperoleh bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran lari sambung (estafet) masih belum optimal. Sebanyak 23 siswa (71 875 %) tidak aktif dan 9 siswa (28 125 %) kurang aktif merespon instruksi guru saat pembelajaran sebanyak 22 siswa (68 75 %) tidak senang dan 10 siswa (31 25 %) kurang senang dengan kegiatan pembelajaran 4) sebanyak 22 siswa (68 75 %) tidak tekun dan 10 siswa (31 25 %) kurang tekun dalam mengikuti proses pembelajaran lari sambung (estafet). Sehingga perlu adanya sebuah metode pembelajaran yang harus diperbaiki agar siswa lebih termotivasi dan aktif dalam proses kegiatan pembelajaran lari sambung (estafet). 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lari sambung (estafet) di kelas XI Kc SMK Kartika IV-1 Malang yang menggunakan metode bermain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dokumentasi dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran lari sambung (estafet) dengan menggunakan metode bermain. Melalui permainan ini siswa melakukan gerak dasar lari sambung (estafet) sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat siswa kelas XI Kc SMK Kartika IV-1 Malang belum menunjukkan keaktifan dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran lari sambung (estafet) di kelas XI Kc mengalami peningkatan setelah diberikan metode bermain. 12288 12288 12288 12288 Presentase hasil belajar siswa adalah sebagai berikut (1). Siswa Aktif 25 62% menjadi 51 04% pada siklus 1 dan menjadi 77 5% pada siklus 2 dilakukan siswa dengan kategori baik. (2). Siswa senang 26 25% menjadi 53 125% pada siklus 1 dan menjadi 81 67% pada siklus 2 dilakukan siswa dengan kategori baik. (3). Siswa tekun 26 25% menjadi 51 46% pada siklus 1 dan menjadi 78 33% pada siklus 2 dilakukan siswa dengan kategori baik. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah dengan diberikan metode bermain dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lari sambung (estafet) di kelas XI Kc SMK Kartika IV-1 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49988

Actions (login required)

View Item View Item