Pengembangan model permainan pengenalan air dalam pembelajaran renang siswa kelas rendah di SD Negeri Model Kota Malang / Nur Alviatus Salim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model permainan pengenalan air dalam pembelajaran renang siswa kelas rendah di SD Negeri Model Kota Malang / Nur Alviatus Salim

Salim, Nur Alviatus (2014) Pengembangan model permainan pengenalan air dalam pembelajaran renang siswa kelas rendah di SD Negeri Model Kota Malang / Nur Alviatus Salim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salim Nur Alviatus. 2014. Pengembangan Model Permainan Pengenalan Air dalam Pembelajaran Renang Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Model Kota Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sulistyorini M.Pd (2) Febrita Paulina H S.Pd M.Pd Kata Kunci permainan pengenalan air renang. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti dengan guru pendidikan jasmani dan siswa SD Negeri Model Kota Malang pada tanggal 7 Januari 2014 pembelajaran renang yang dilakukan jarang menggunakan pengembangan model-model permainan. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) mendapatkan hasil dari 3 guru pengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan ketiganya menyatakan bahwa keterbatasan waktu pembelajaran renang yang kurang menjadikan guru hanya berorientasi pada pencapaian materi. Penyebaran angket terhadap 56 siswa diperoleh hasil 26% siswa menjawab tidak pernah diberikan permainan dan 2% siswa menjawab tidak suka berenang. Guru menyatakan bahwa ketiganya tidak pernah mengawali pembelajaran renang dengan pengenalan air ketiganya langsung mempraktikkan materi gaya renang lanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan model permainan pengenalan air dalam pembelajaran renang. Diharapkan pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam pembelajaran agar siswa lebih antusias dan senang dalam pembelajaran. Peneliti menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi model yang lebih sederhana yaitu (1) Riset dan pengumpulan informasi termasuk kajian pustaka dan observasi lapangan. (2) Melakukan analisis kebutuhan (need assesment). (3) Perencanaan termasuk definisi keahlian mulai menentukan obyek-obyek masalah dalam satu lingkup masalah dan skala tes kecil yang mungkin terjadi. (4) Tinjauan para ahli dengan menggunakan ahli pembelajaran pendidikan jasmani ahli pembelajaran renang dan ahli media. (5) Revisi produk utama revisi produk berdasarkan hasil evaluasi para ahli. (6) Uji coba kelompok kecil. (7) Revisi produk ke dua revisi produk yang dihasilkan oleh uji coba kelompok kecil. (8) Uji coba lapangan dengan mengujicobakan hasil revisi produk kedua. (9) Revisi produk terakhir revisi produk yang dihasilkan oleh uji coba lapangan. (10) Hasil akhir produk pengembangan yang dihasilkan oleh hasil uji coba lapangan. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil terhadap produk pengembangan model permainan pengenalan air dalam pembelajaran renang diperoleh persentase 95 7% dan pada hasil uji kelompok besar diperoleh persentase 98%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model permainan pengenalan air dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran renang kelas rendah khususnya pengenalan air. Diharapkan produk hasil pengembangan ini dapat diujicobakan kepada subjek yang lebih luas dan diharapkan pada penelitian selanjutnya untuk menguji tingkat keefektifan produk yang telah dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49982

Actions (login required)

View Item View Item