Penggunaan bahan ajar modul untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung bagi warga belajar keaksaraan fungsional (penelitian tindakan pada Program Keaksaraan Fungsional di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Lowokwaru Malang) / Bintang Fajar Moonagusta - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan bahan ajar modul untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung bagi warga belajar keaksaraan fungsional (penelitian tindakan pada Program Keaksaraan Fungsional di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Lowokwaru Malang) / Bintang Fajar Moonagusta

Moonagusta, Bintang Fajar (2013) Penggunaan bahan ajar modul untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung bagi warga belajar keaksaraan fungsional (penelitian tindakan pada Program Keaksaraan Fungsional di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Lowokwaru Malang) / Bintang Fajar Moonagusta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Moonagusta Bintang Fajar. 2013. Penggunaan Bahan Ajar Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Menulis dan Berhitung Bagi Warga Belajar Keaksaraan Fungsional (Penelitian Tindakan Pada Program Keaksaraan Fungsional di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Lowokwaru Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1). Prof. Dr. Supriyono M.Pd (2). Drs. Ahmad Mutadzakir M.Pd. Kata Kunci Penggunaan modul pembelajaran program keaksaraan fungsional Lembaga Pemasyarakatan Klas I Lowokwaru Malang. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Lowokwaru Malang terdapat orang-orang buta aksara dengan latar belakang yang berbeda-beda dan berbagai macam masalah yang berbeda berada dalam satu tempat yang sama dengan setatus sebagai narapidana. Maka dari itu Lembaga Pemasyarakatan menyelenggarakan program keaksaraan fungsional yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca menulis dan berhitung warga binaan. Berbagai macam teknik dan model pembelajaranpun di terapkan tetapi hasil yang di capai kurang maksimal maka dari itu perlu solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada kususnya pada pembelajaran keaksaraan fungsional. 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui efektivitas bahan ajar modul (2) Mengetahui seberapa jauh hasil tindakan tutor dalam menggunakan bahan ajar modul guna meningkatkan kemampuan membaca menulis dan berhitung bagi warga belajar keaksaraan fungsional di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Lowokwaru Malang dengan menggunakan metode penelitian tindakan. 12288 12288 12288 Di dalam pembelajaran keaksaraan Lembaga Pemasyarakatan peneliti bersama dengan tutor menggunakan bahan ajar modul sebagai peningkat kemampuan warga belajar dalam membaca menulis dan berhitung. Dengan pendekatan penelitian kualitatif penelitian tindakan (action research) ini melalui dua siklus tindakan dan lima tahapan yaitu identifikasi masalah perencanaan tindakan pengamatan serta refleksi. Pengumpulan data penelitian ini dengan observasi wawancara dan dokumentasi yang dilakukan pada kegiatan pra tindakan serta dilakukan tahapan pada tiap siklus. Untuk menjaga keabsahan data kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data melaksanakan display data dan mengambil kesimpulan/ verifikasi data. 12288 12288 12288 Hasil yang didapat dari tindakan siklus satu dan dua dari hasil analisis dapat dilihat bahwa tingkat ketertarikan kegunaan dan kebutuhan warga belajar terhadap tampilan bahan ajar modul meningkat setelah diperoleh data melalui wawancara. Artinya lebih dari separuh warga belajar cukup menguasai untuk membaca menulis dan berhitung setelah dilakukan pembelajaran meskipun hanya ada beberapa warga belajar yang masih mengalami kesulitan dalam membaca dan memahami kata dalam sbuah kalimat. 12288 12288 12288 Setelah dilakukan tindakan yang dilakukan oleh peneliti dapatlah diperoleh kesimpulan tentang hasil belajar warga belajar. Bahwa warga belajar yang mengikuti pembelajaran yang diadakan oleh tim penelitian tindakan mengalami peningkatan kemampuan dalam membaca menulis dan berhitung. Warga belajar yang sudah lancar membaca menulis dan berhitung atas usulan pemuka program keaksaraan agar dapat melanjutkan ikut program kejar Paket A pada tahun berikutnya. Sedangkan yang belum lancar kemampuan calistungnya dapat mengulang kembali ikut program keaksaraan. 12288 12288 12288 Manfaat setelah bahan ajar modul ini diterapkan (1) Dapat menumbuhkan kegembiraan dalam kegiatan belajar (2) Belajar tidak hanya mendengar tetapi dilengkapi dengan melihat dan mungkin pula berbuat (3) Dapat menumbuhkan atau mengembangkan kemampuan dan daya khayal warga belajar untuk menganalisis atau membuat cerita tentang pesan dalam alat bantu pandang (4) Dapat mengembangkan kemampuan untuk menyampaikan informasi melalui media pandang. KPSD (Kegiatan Pendidikan Setingkat Dasar) di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Lowokwaru Malang hendaknya penyelenggara program pemuka dan tutor bekerjasama dalam menyelenggarakan kegiatan penelitian tindakan guna memperoleh hasil yang maksimal dalam membelajarkan warga binaan. Modul pembelajaran sangat penting diterapkan. Dengan susunan yang sistematis dan inovatif isi daripada modul pembelaaran diharapkan mampu meningkatkan kemampuan belajar warga belajar kususnya pada pembelajaran keaksaraan di KPSD Lembaga Pemasyarakatan Klas I Lowokwaru Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4998

Actions (login required)

View Item View Item