Pengembangan buku ajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas XI semester genap di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Yandrika Jufindra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas XI semester genap di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Yandrika Jufindra

Jufindra, Yandrika (2014) Pengembangan buku ajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas XI semester genap di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Yandrika Jufindra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jufindra Y. 2013. Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas XI Semester Genap di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. E. Winarno. M.Pd (II) Drs. Setyo Budiwanto. M.Kes. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaaran Buku Ajar Pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan proses pendidikan yang dilakukan melalui berbagai kegiatan jasmani dalam rangka memperoleh peningkatan kemampuan dan keterampilan jasmani pertumbuhan kecerdasan dan pembentukan watak bagi peserta didik. Dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa sering kali mengalami kesulitan ketika mempraktikkan gerakan. Di SMK Muhammadiyah 3 Singosari siswa merasa kesulitan mencari sumber belajar untuk mempermudah mempelajari materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Oleh karena itu perlunya media pembelajaran yang sederhana mudah dibawa dapat dipelajari dimana saja seperti hal nya buku ajar untuk membantu siswa dalam belajar. Maka diperlukan pengembangan buku ajar pendidikan jasmani di sekolah SMK Muhammadiyah 3 Singosari Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sumber belajar bagi siswa kelas XI semester genap dan guru pendidikan jasmani pada umumnya dengan materi yang sesuai dengan KTSP sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah saja. (1) pengumpulan informasi (2) rancangan produk awal (3) evaluasi ahli (4) revisi I (5) uji coba tahap I (6) revisi II dan uji coba tahap II (7) revisi dan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner (8) produk dikemas dengan dominan warna hijau. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 12 orang siswa diperoleh persentase 82 35% dan uji coba kelompok besar terhadap 40 orang siswa diperoleh persentase 86 20% dari hasil persentase uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar maka pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas XI Semester Genap di SMK Muhammadiyah 3 Singosari layak untuk digunakan. Hasil produk pengembangan buku ajar pendidikan jasmani kelas XI semester genap antara lain (1) materi dalam buku ajar sesuai dengan KTSP sekolah (2) tampilan materi dalam buku ajar terdapat gambar-gambar yang menunjukkan proses sehingga memudahkan bagi pembaca dalam memahami materi (3) setiap bab dalam buku ajar terdapat alat evaluasi berupa soal tes (4) terdapat rubric penilaian yang dapat memudahkan guru dalam melakukan penilaian (5) dalam setiap bab terdapat lembar kerja siswa yang isinya merupakan langkah-langkah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49969

Actions (login required)

View Item View Item