Upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran teknik dasar atletik lanjutan (jalan, lari, lompat dan lempar) siswa kelas VIII-B SMP Negeri 10 Malang dengan metode bermain / Eris Bentar R. - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran teknik dasar atletik lanjutan (jalan, lari, lompat dan lempar) siswa kelas VIII-B SMP Negeri 10 Malang dengan metode bermain / Eris Bentar R.

Bentar R., Eris (2014) Upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran teknik dasar atletik lanjutan (jalan, lari, lompat dan lempar) siswa kelas VIII-B SMP Negeri 10 Malang dengan metode bermain / Eris Bentar R. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Eris Bentar. 2013. Upaya Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Teknik Dasar Atletik (Jalan Lari Lompat dan Lempar) Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 10 Malang dengan Metode Bermain. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mu arifin M. Pd (II) Dra. Sulistyorini M. Pd. Kata Kunci Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Teknik Dasar Atletik Lanjutan (Jalan Lari Lompat dan Lempar) Metode Bermain Atletik merupakan suatu cabang olahraga tertua dan juga dianggap sebagai induk dari semua cabang olahraga. Atletik sejak jaman dulu secara tidak sadar telah dilakukan orang seperti berjalan berlari melompat menombak saat berburu dalam kehidupan sehari-hari. Metode bermain adalah salah satu pendekatan pembelajaran dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang terpusat pada permainan dan siswa untuk pembelajaran tentang permainan yang berhubungan erat dengan olahraga dengan sifat pembelajaran yang konstruktif. Metode bermain sangat penting untuk diterapkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani karena selain dapat mengembangkan kemampuan motorik siswa dapat juga menanamkan nilai-nilai sosial seperti kerja sama kejujuran kedisiplinan dan menghargai teman. Penerapan metode bermain dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran teknik dasar atletik lanjutan (jalan lari lompat dan lempar) kelas VIII B SMP Negeri 10 Malang. Peningkatan hasil keterampilan teknik dasar atletik lanjutan (jalan lari lompat dan lempar) dapat dilihat pada siklus I di antaranya teknik jalan yang dilakukan dengan benar oleh siswa adalah sebanyak 23 siswa atau 58 97% dan sikap salah adalah sebanyak 16 siswa atau 41 03% sehingga masuk kategori cukup baik. Pada teknik lari yang dilakukan dengan benar oleh siswa adalah sebanyak 29 siswa atau 74 36% dan sikap salah adalah sebanyak 10 siswa atau 25 64% sehingga masuk kategori baik. Pada teknik lompat yang dilakukan dengan benar oleh siswa adalah sebanyak 30 siswa atau 76 92% dan sikap salah adalah sebanyak 9 siswa atau 23 08% sehingga masuk kategori cukup baik. Pelaksanaan siklus II keterampilan siswa dalam melakukan teknik dasar atletik lanjutan juga mengalami peningkatan. Peningkatan hasil keterampilan teknik dasar atletik lanjutan (jalan lari lompat dan lempar) dapat dilihat pada teknik jalan yang dilakukan dengan benar oleh siswa mengalami peningkatan dari 23 siswa atau 58 97% menjadi 94 23% pada teknik lari meningkat dari 29 siswa atau 74 36% menjadi 92 30% pada teknik lompat meningkat dari 30 siswa atau 76 92% dan teknik lempar yang dilakukan dengan benar oleh siswa adalah sebanyak 35 siswa atau 89 74%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49954

Actions (login required)

View Item View Item