Upaya peningkatan minat belajar guling depan (forward roll) dan guling belakang (backward roll) menggunakan model permainan bagi siswa kelas X Jurusan Keperawatan (KPR) 1 SMK Negeri 2 Malang / Yuni Fitriyah N. - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan minat belajar guling depan (forward roll) dan guling belakang (backward roll) menggunakan model permainan bagi siswa kelas X Jurusan Keperawatan (KPR) 1 SMK Negeri 2 Malang / Yuni Fitriyah N.

Fitriyah N, Yuni (2014) Upaya peningkatan minat belajar guling depan (forward roll) dan guling belakang (backward roll) menggunakan model permainan bagi siswa kelas X Jurusan Keperawatan (KPR) 1 SMK Negeri 2 Malang / Yuni Fitriyah N. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ningsih Yuni Fitriyah. 2013. Upaya Peningkatan Minat Belajar Guling Depan (Forward Roll) dan Guling Belakang (Backward Roll) Menggunakan Model Permainan Bagi Siswa Kelas X Jurusan KPR (Keperawatan) 1 SMK Negeri 2 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Asim M.Pd (II) Drs. Agus Tomi M.Pd. Kata Kunci Peningkatan Minat Belajar Senam Lantai Guling Depan dan Belakang Model Permainan. Senam lantai guling depan adalah gerakan berguling yang halus dengan menggunakan tubuh yang berbeda untuk kontak lain dengan lantai dimulai dari kedua kaki kedua lengan ke tengkuk lalu ke bahu ke punggung pinggang dan pantat sebelum akhirnya ke kaki kembali. Sedangkan guling belakang adalah suatu gerakan menggulingkan badan ke belakang dengan posisi tubuh menghadap ke belakang dengan menggunakan matras. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh hasil bahwa minat belajar senam lantai guling depan dan belakang siswa kelas X Keperawatan 1 SMK Negeri 2 Malang masih kurang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran senam lantai guling depan dan belakang siswa kelas X Keperawatan 1 SMK Negeri 2 Malang yang Masih Kurang dengan menggunakan model permainan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Keperawatan 1 SMK Negeri 2 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) dan tes. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa melalui model permainan guling depan dan guling belakang mampu meningkatkan minat belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hal ini bisa dilihat dari persentase minat belajar siswa pada pembelajaran senam lantai guling depan dan belakang setelah diberikan tindakan dari siklus1 dan siklus 2 hasilnya Sedangkan hasil observasi awal jumlah persentase minat belajar siswa dalam senam lantai guling depan dan belakang yaitu (1) Pada sub variabel keinginan jumlah minat siswa terhadap guling depan dan belakang 0% sangat tinggi 0% tinggi 21 8% cukup tinggi dan 78 4% kurang tinggi. (2) Pada sub variabel perasaan senang/rasa suka terhadap guling depan dan belakang sebanyak 0% sangat tinggi (0%) tinggi 59% cukup tinggi dan 41% kurang tinggi. (3) Pada sub variabel ketertarikan jumlah minat siswa terhadap guling depan dan belakang sebanyak 0% sangat tinggi 0% tinggi 43% cukup tinggi dan 57% kurang tinggi. (4) Pada sub variabel perilaku jumlah minat siswa terhadap guling depan dan belakang sebanyak 0% sangat tinggi. Mengalami peningkatan pada akhir siklus 1 (1) Pada sub variabel keinginan jumlah minat siswa terhadap guling depan dan belakang sebanyak 0% sangat tinggi 51 4% tinggi cukup tinggi 48 6% cukup tinggi dan 0% kurang tinggi. (2) pada sub variabel perasaan senang/rasa suka terhadap guling depan dan belakang sebanyak 0% sangat tinggi 59% tinggi 41% cukup tinggi dan 0% kurang tinggi. (3) Pada sub variabel ketertarikan jumlah minat siswa terhadap guling depan dan belakang sebanyak 0% sangat tinggi 81% tinggi 19% cukup tinggi dan 0% siswa kurang tinggi. (4) Pada sub variabel perilaku jumlah minat siswa terhadap guling depan dan belakang sebanyak 0% sangat tinggi 65% tinggi 35% cukup tinggi dan 0% kurang tinggi.Dan pada akhir siklus 2 mengalami peningkatan (1) Pada sub variabel keinginan jumlah minat siswa terhadap guling depan dan belakang sebanyak 95% sangat tinggi 5% tinggi cukup tinggi 0% cukup tinggi dan 0% kurang tinggi. (2) pada sub variabel perasaan senang/rasa suka terhadap guling depan dan belakang sebanyak 100% sangat tinggi 0% tinggi 0% cukup tinggi dan 0% kurang tinggi. (3) Pada sub variabel ketertarikan jumlah minat siswa terhadap guling depan dan belakang sebanyak 95% sangat tinggi 5% tinggi 0% cukup tinggi dan 0% siswa kurang tinggi. (4) Pada sub variabel perilaku jumlah minat siswa terhadap guling depan dan belakang sebanyak 100% sangat tinggi 0% tinggi 0% cukup tinggi dan 0% kurang tinggi. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah dengan model permainan dapat memperbaiki pembelajaran senam lantai yang belum optimal dan dapat meningkatkan minat belajar senam lantai guling depan dan belakang siswa kelas X Keperawatan 1 SMK Negeri 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49938

Actions (login required)

View Item View Item