Upaya meningkatkan efektifitas pembelajaran passing bawah bolavoli (modifikasi) menggunakan metode bermain pada siswa kelas IV SDN Selopuro 05 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar / Agung Permana Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan efektifitas pembelajaran passing bawah bolavoli (modifikasi) menggunakan metode bermain pada siswa kelas IV SDN Selopuro 05 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar / Agung Permana Putra

Putra, Agung Permana (2014) Upaya meningkatkan efektifitas pembelajaran passing bawah bolavoli (modifikasi) menggunakan metode bermain pada siswa kelas IV SDN Selopuro 05 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar / Agung Permana Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putra Agung Permana. 2013. Upaya Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli (Modifikasi) Menggunakan Metode Bermain pada Siswa Kelas IV SDN Selopuro 05 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Purnami M.Pd (II) dr. Moch. Yunus M. Kes. Kata Kunci Peningkatan Efektifitas Passing Bawah Bolavoli Modifikasi Metode Bermain Bolavoli merupakan salah satu materi pembelajaran Penjasorkes yang diajarkan di SD kelas IV. Berdasarkan KD kelas IV semester I yaitu mempraktikkan gerak dasar permainan bola besar sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama regu sportivitas dan kejujuran . Teknik passing bawah paling sering digunakan tetapi teknik ini masih sulit dilakukan dan dikuasai oleh siswa. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada pembelajaran Penjasorkes siswa kelas IV SDN Selopuro 05 peneliti menarik kesimpulan bahwa dalam melakukan passing bawah pada permainan bolavoli siswa mengalami kesulitan. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran masih belum diaplikasikan secara baik sehingga siswa lebih banyak mendapatkan materi pelajaran yang bersifat teori daripada praktek. Oleh karena itu perlu adanya metode untuk memberikan perubahan hasil belajar siswa yaitu dengan penerapan metode bermain dan bolavoli (modifikasi). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran passing bawah bolavoli (modifikasi) menggunakan metode bermain pada siswa kelas IV SDN Selopuro 05. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Selopuro 05 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar dengan subjek penelitian 39 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Tahapan penelitian setiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan passing bawah bolavoli (modifikasi) menggunakan metode bermain pada siswa kelas IV SDN Selopuro 05 mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan. Dari pembelajaran yang telah dilaksanakan diperoleh data persentase aspek psikomotor. Aspek psikomotor meliputi sikap badan sikap kaki sikap tangan dan perkenaan bola. Hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu pada pertemuan ke- 1 menunjukkan persentase aspek psikomotor 49 57% benar pada teknik sikap badan 52 14% benar pada teknik sikap kaki 55 56% benar pada teknik sikap tangan dan 47 86% benar pada teknik perkenaan bola. Pada pertemuan ke- 2 menunjukkan persentase aspek psikomotor 52 99% benar pada teknik sikap badan 54 70% benar pada teknik sikap kaki 58 12% benar pada teknik sikap tangan dan 50 43% benar pada teknik perkenaan bola. Pada pertemuan ke-3 menunjukkan persentase aspek psikomotor 56 41% benar pada teknik sikap badan 61 54% benar pada teknik sikap kaki 64 96% benar pada teknik sikap tangan dan 52 99% benar pada teknik perkenaan bola pada saat melakukan permainan passing bawah bolavoli. Hasil belajar siswa pada siklus 2 yaitu pada pertemuan ke- 1 menunjukkan persentase aspek psikomotor 71 79% benar pada teknik sikap badan 73 50% benar pada teknik sikap kaki 76 07% benar pada teknik sikap tangan dan 63 38% benar pada teknik perkenaan bola. Pada pertemuan ke- 2 menunjukkan persentase aspek psikomotor 76 07% benar pada teknik sikap badan 78 63% benar pada teknik sikap kaki 80 34% benar pada teknik sikap tangan dan 70 09% benar pada teknik perkenaan bola. Pada pertemuan ke-3 menunjukkan persentase aspek psikomotor 80 34% benar pada teknik sikap badan 82 05 % benar pada teknik sikap kaki 84 62% benar pada teknik sikap tangan dan 76 92% benar pada teknik perkenaan bola pada saat melakukan permainan passing bawah bolavoli. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bermain menggunakan bolavoli (modifikasi) dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran passing bawah bolavoli pada siswa kelas IV SDN Selopuro 05 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49937

Actions (login required)

View Item View Item