Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat jauh siswa kelas V SDN Titik Kec. Semen Kab. Kediri menggunakan metode bermain / Ryo Sinung Primadana - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat jauh siswa kelas V SDN Titik Kec. Semen Kab. Kediri menggunakan metode bermain / Ryo Sinung Primadana

Primadana, Ryo Sinung (2013) Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat jauh siswa kelas V SDN Titik Kec. Semen Kab. Kediri menggunakan metode bermain / Ryo Sinung Primadana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Primadana Ryo Sinung. 2013. Penerapan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Keaktivan Siswa Dalam Pembelajaran Lompat Jauh di Kelas V SDN Titik Kec. Semen Kab. Kediri. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs Mu arifin M.Pd. (II) Drs. Oni Bagus Januarto M.Kes. Kata Kunci meningkatkan keaktifan pembelajaran lompat jauh metode bermain 12288 12288 12288 12288 Olahraga Lompat Jauh adalah salah satu nomor lomba dalam atletik yang menggunakan media bak lompat berbentuk persegi panjang. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh hasil bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat jauh masih belum optimal. Banyak siswa yang kurang aktif sebanyak 60% kurang senang sebanyak 70% dan kurang tekun sebanyak 70% dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat jauh di kelas V SDN Titik Kec. Semen Kab. Kediri yang belum optimal dengan menggunakan pendekatan bermain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan metode bermain.. Hal ini penting mengingat siswa kelas V SDN Titik Kec. Semen Kab. Kediri belum menunjukkan keaktifan dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat jauh di kelas V SDN Tititk mengalami peningkatan setelah diberikan metode bermain. Hasil dari PTK ini pada data awal ke siklus 1 dan dilanjutkan ke siklus 2 aktivitas siswa yang tadinya kurang aktif sebanyak 40% meningkat di siklus 1 menjadi 52% kemudian di siklus 2 menjadi 89%. Siswa yang tadinya kurang senang sebanyak 30% meningkat di siklus 1 menjadi 56% di siklus 2 menjadi 87% dan siswa yang tadinya kurang tekun sebanyak 30% meningkat di siklus 1 menjadi 55% dan dilanjutkan ke siklus 2 meningkat menjadi 87%. Persentase dari 3 indikator tersebut yaitu aktif senang dan tekun diperoleh dengan menjumlah hasil skor yang diperoleh dari 3 indikator tersebut kemudian dibagi dengan hasil perkalian antara jumlah siswa dan lima deskriptor dari 3 indikator tersebut kemudian dikali 100%. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah dengan pemberian pendekatan bermain dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat jauh di kelas V SDN Titik Kec. Semen Kab. Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49922

Actions (login required)

View Item View Item