Peningkatan keaktifan siswa kelas IV dalam pembelajaran gerak dasar atletik lompat, loncat, dan lempar menggunakan pendekatan permainan di SD Islam Al Kautsar Ponggok Blitar / Harianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keaktifan siswa kelas IV dalam pembelajaran gerak dasar atletik lompat, loncat, dan lempar menggunakan pendekatan permainan di SD Islam Al Kautsar Ponggok Blitar / Harianto

Harianto (2013) Peningkatan keaktifan siswa kelas IV dalam pembelajaran gerak dasar atletik lompat, loncat, dan lempar menggunakan pendekatan permainan di SD Islam Al Kautsar Ponggok Blitar / Harianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Harianto. 2013. Penerapan Pendekatan Permainan Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Atletik lompat loncat dan lempar Kelas IV SDIT Al Kautsar Kebonduren Ponggok Blitar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Lokananta Teguh H. W M.Kes (II) Drs. Heru Widijoto M.S. Kata Kunci keaktifan pembelajaran gerak dasar atletik peningkatan permainan 12288 12288 12288 12288 Salah satu materi pendidikan jasmani yang terdapat dalam SK dan KD semester II di Sekolah dasar kelas IV adalah gerak dasar atletik. Di dalam materi ini meliputi gerak dasar lompat loncat dan lempar. Berdasarkan hasil observasi dalam pembelajaran gerak dasar atletik yang dilakukan telah diperoleh temuan bahwa keaktifan siswa (aktif tekun dan enjoy) masih kurang ketekunan siswa belum terlihat maksimal dan siswa kurang merasa senang dengan pembelajaran gerak dasar atletik lompat loncat dan lempar. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran gerak dasar atletik yaitu lompat loncat dan lempar di kelas IV SDIT Al Kautsar Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar menggunakan pendekatan permainan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dokumentasi dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pangamatan dan refleksi. Perbaikan pembelajaran dalam PTK ini menggunakan permainan melempari anak burung untuk gerak dasar lempar permainan memindahkan telur untuk gerak dasar lompat permainan loncat angka untuk gerak dasar loncat. Tujuan penerapan pendekatan permainan ini adalah agar siswa kelas IV SDIT Al Kautsar lebih meningkat keaktifanya untuk bergerak pada saat pembelajaran gerak dasar atletik. Dalam penelitian ini melibatkan peneliti sebagai guru dan dua orang guru sejawat pendidikan jasmani di sekolah tersebut yang secara kolaborasi menyusun rencana tindakan yang akan dilakukan. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran gerak dasar atletik lompat loncat dan lempar mengalami peningkatan setelah diberikan pendekatan permainan. Dari tingkat aktif 37 93% pada siklus 1 meningkat menjadi 59 48% siklus 2 menjadi 80 98% tingkat ketekunan dari 34 48% pada siklus 1 meningkat menjadi 68 10% siklus 2 menjadi 83 19% tingkat enjoy siswa dari 41 38% pada siklus 1 meningkat menjadi 65 11% pada siklus 2 menjadi 90 08% . 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil temuan pada penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan permainan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran gerak dasar atletik lompat loncat dan lempar kelas IV SDIT Al Kautsar Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49920

Actions (login required)

View Item View Item