Efektifitas penggunaan metode pembelajaran diklat koperasi wanita terhadap hasil belajar di UPT Diklat Koperasi Wanita dan UMKM Provinsi Jawa Timur / Prasadam Candra Sudarma - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas penggunaan metode pembelajaran diklat koperasi wanita terhadap hasil belajar di UPT Diklat Koperasi Wanita dan UMKM Provinsi Jawa Timur / Prasadam Candra Sudarma

Sudarma, Prasadam Candra (2013) Efektifitas penggunaan metode pembelajaran diklat koperasi wanita terhadap hasil belajar di UPT Diklat Koperasi Wanita dan UMKM Provinsi Jawa Timur / Prasadam Candra Sudarma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci efektifitas metode pembelajaran hasil belajar UPT Diklat Koperasi Penyelenggaraan diklat koperasi wanita merupakan bentuk penunjang dalam menentukan metode pembelajaran sebagai strategi yang digunakan dalam menyampaikan materi untuk memahami dan mencapai tujuan pembelajaran. Metode belajar meliputi 1) srtategi partisipatif 2) perspektif andragogi dan 3) teknik ceramah modifikasi. Penggunaan metode belajar bagi peserta diperlukan untuk memperoleh pengetahuan dalam meningkatkan hasil belajar. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode pembelajaran diklat koperasi wanita terhadap hasil belajar di UPT diklat koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur dengan tujuan khusus mengetahui efektifitas penggunaan 1) strategi partisipatif 2) perspektif andragogi 3) teknik ceramah modifikasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta diklat koperasi wanita di UPT diklat koperasi yang berjumlah 60 orang yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas pengawasan dan akuntansi sederhana yang masing-masing jumlah peserta 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam memperoleh data adalah angket/kuesioner dengan teknik analisis data persentase menggunakan rumus P fNx100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) sebesar 100% peserta diklat menyatakan hasil belajar strategi partisipatif efektif digunakan 2) sebanyak 100% peserta menyatakan hasil belajar perspektif andragogi cukup efektif digunakan dan 3) sebesar 100% peserta menyatakan hasil belajar teknik ceramah modifikasi efektif digunakan. Berdasarkan kesimpulan penelitian maka disarankan sebagai berikut 1) bagi jurusan PLS ada penelitian lanjutan untuk mengetahui metode yang lebih efektif dari metode strategi partisipatif andragogi dan ceramah modifikasi dalam pengembangan ilmu PLS dan bekerjasama dengan UPT diklat koperasi sebagai tempat kegiatan PPL mahasiswa selanjutnya 2) bagi widyaiswara perlu menambahkan metode belajar yang bervariasi agar dapat menumbuhkan semangat partisipasi dari peserta memberikan kesempatan pada peserta untuk menemukan pilihan metode yang cocok dengan gaya belajarnya sesuai dengan jenis dan kebutuhan kelompok sasaran sehingga peserta dapat segera mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam lingkungan kerja 3) bagi UPT diklat koperasi dan UMKM hendaknya metode belajar partisipatif andragogi dan ceramah modifikasi yang digunakan disesuaikan dengan jenis program diklat yang memiliki karakteristik tertentu sehingga kebutuhan belajar peserta tercapai dan dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4991

Actions (login required)

View Item View Item