Pengembangan pembelajaran perwasitan pencak silat kategori tanding menggunakan multimedia interaktif / Yunita Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran perwasitan pencak silat kategori tanding menggunakan multimedia interaktif / Yunita Ratnasari

Ratnasari, Yunita (2013) Pengembangan pembelajaran perwasitan pencak silat kategori tanding menggunakan multimedia interaktif / Yunita Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ratnasari Yunita. 2013. Pengembangan Pembelajaran Perwasitan Pencak Silat Kategori Tanding Menggunakan Multimedia Interaktif. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wasis D. Dwiyogo M.Pd (2) Dr. Eko Hariyanto M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Pembelajaran Perwasitan Pencak Silat Kategori Tanding Multimedia Interaktif 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan peneliti terhadap ketua dewan wasit juri IPSI se-Malang Raya diperoleh data bahwa peserta penataran wasit juri belum sepenuhnya memahami materi perwasitan kategori tanding yang diberikan. 100% menyatakan belum pernah menggunakan multimedia interaktif perwasitan pencak silat ketua dewan wasit juri se-Malang Raya setuju dengan dibuatnya multimedia interaktif pembelajaran perwasitan pencak silat. Sedangkan anaisis kebutuhan menggunakan kuesioner terhadap 6 wasit juri random se-Malang Raya menyatakan bahwa 83 33% wasit juri kesulitan memahami materi yang diberikan dengan media yang digunakan penatar 100% menyatakan bahwa penatar tidak pernah menggunakan multimedia interaktif dalam memberikan materi dan keenam wasit juri menyatakan setuju untuk dibuatnya multimedia interaktif pembelajaran perwasitan pencak silat kategori tanding. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sumber belajar bagi wasit juri khususnya dan masyarakat luas pada umumnya dengan materi perwasitan pencak silat kategori tanding mengguanakan multimedia interaktif. 12288 12288 12288 12288 Terdapat 8 spesifikasi dalam pengembangan pembelajaran perwasitan Pencak Silat kategori tanding ini antara lain (1) produk ini dibuat menggunakan Auto Play Media Studio 8Personal Edition (2) terdapat panduan penggunaan produk (3) referensi penyusunan produk (4) mengacu pada MUNAS IPSI XIII tahun 2012 (5) terdapat materi-materi perwasitan (6) berisikan beberapa materi perwasitan pencak silat kategori tanding (7) evaluasi sebagai feedback dan (8) produk dikemas dalam bentuk CD (Compact Disk). 12288 12288 12288 12288 Metode yang digunakan penelitian ini adalah pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi lebih sederhana yaitu (1)pengumpulan informasi (2) rancangan produk awal (3) evaluasi ahli (4) revisi I (5) uji coba tahap I (6) revisi II dan uji coba tahap II (7) revisi dan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan tinjauan 1 (satu) ahli media diperoleh persentase 90% sedangakan 3 (tiga) ahli perwasitan pencak silat diperoleh persentase 94%. Dari hasil uji coba tahap I (kelompok kecil) dengan jumlah 9 wasit juri random se-Malang Raya diperoleh persentase dengan rata-rata 89 4%. Dari uji coba tahap II (kelompok besar) dengan jumlah 30 wasit juri random se-Malang Raya diperoleh persentase dengan rata-rata 88 04%. 12288 12288 12288 12288 Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pembelajaran perwasitan pencak silat kategori tanding menggunakan multimedia interaktif ini layak digunakan sebagai sumber belajar wasit juri dan masyarakat luas yang awam terhadap perwasitan Pencak Silat kategori tanding.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49900

Actions (login required)

View Item View Item