Meningkatkan keterampilan lempar cakram gaya menyamping pada siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Kunjang dengan menggunakan metode bermain melempar / Rangga Kusuma Arief - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan lempar cakram gaya menyamping pada siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Kunjang dengan menggunakan metode bermain melempar / Rangga Kusuma Arief

Arief, Rangga Kusuma (2013) Meningkatkan keterampilan lempar cakram gaya menyamping pada siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Kunjang dengan menggunakan metode bermain melempar / Rangga Kusuma Arief. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kusuma Arief Rangga. 2013. Meningkatkan Keterampilan Lempar Cakram Gaya Menyamping pada Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 1 Kunjang dengan Menggunakan Metode Bermain Melempar. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Supriatna M.Pd. (II) Drs. Mardianto M.Kes. Kata Kunci Meningkatkan Keterampilan Lempar Cakram Gaya Menyamping Metode Bermain Melempar 12288 12288 12288 Lempar cakram merupakan salah satu bagian dari cabang olahraga atletik nomor lempar. Olahraga lempar cakram adalah olahraga yang menggunakan suatu alat yang disebut cakram. Cakram itu sendiri adalah sebuah benda kayu berbentuk piring berbingkai sabuk kayu. Berdasarkan dari hasil observasi awal diperoleh hasil bahwa keterampilan siswa dalam pembelajaran lempar cakram gaya menyamping masih kurang. Banyak siswa yang belum menguasai tahapan teknik awalan memegang cakram melempar dan gerak lanjutan. 12288 12288 12288 Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan lempar cakram gaya menyamping pada siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Kunjang dengan metode bermain melempar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dokumentasi dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 Penelitian ini termasuk ke dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini digunakan metode bermain melempar untuk pembelajaran lempar cakram gaya menyamping. Siswa melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain untuk meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran sehingga proses pembelajaran lempar cakram gaya menyamping menjadi lebih optimal. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru pendidikan jasmani SMP Negeri 1 Kunjang untuk merencanakan kegiatan belajar mengajar yang berlangsung selama 2 siklus. 12288 12288 12288 Melalui bentuk pembelajaran lempar cakram gaya menyamping dengan metode bermain melempar dapat meningkatkan keterampilan siswa. Hal ini bisa dilihat dari persentase kesalahan dalam teknik lempar cakram gaya menyamping pada siklus I dan siklus II hasilnya sebagai berikut pada siklus I pertemuan ke-1 ke-2 dan ke-3 secara berurutan adalah pada tahap awalan sebesar 41 38% 34 48% 30%. Tahap memegang cakram sebesar 17 93% 10 34% 6 67%. Tahap melempar sebesar 58 62% 51 72% 43 33% sedangkan tahap gerak lanjutan sebesar 37 93% 34 48% 26 67%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan berkurangnya persentase kesalahan yaitu pertemuan ke-1 ke-2 dan ke-3 secara berurutan adalah pada tahap awalan sebesar 24 17% 17 24% 10%. Tahap memegang cakram sebesar 0% 0% 0%. Tahap melempar sebesar 32 78% 27 01% 13 33% sedangkan tahap gerak lanjutan sebesar 20 83% 13 79% 9 17%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode bermain melempar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran lempar cakram gaya menyamping di kelas VIII-H SMP Negeri 1 Kunjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49897

Actions (login required)

View Item View Item