Keterlibatan warga belajar dalam pengambilan keputusan Program Keaksaraan Fungsional (Studi kasus di PKBM Tunas Harapan Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang) / Pebri Hertanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterlibatan warga belajar dalam pengambilan keputusan Program Keaksaraan Fungsional (Studi kasus di PKBM Tunas Harapan Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang) / Pebri Hertanto

Hertanto, Pebri (2013) Keterlibatan warga belajar dalam pengambilan keputusan Program Keaksaraan Fungsional (Studi kasus di PKBM Tunas Harapan Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang) / Pebri Hertanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keterlibatan Warga Belajar Pengambilan Keputusan Keaksaraan Fungsional Keterlibatan dapat dijelaskan adanya keikutsertaan individu atau berperannya sikap ataupun emosi individu dalam situasi tertentu . Ini berarti dapat dijelaskan bahwa seseorang akan berpartisipasi kemudian juga berinteraksi yang alasan keikutsertaan itu didasari atas sikap atau motif dari individu untuk ikut serta dalam kondisi atau situasi tersebut. Keterlibatan warga belajar dalam pengambilan keputusan menunjukkan bahwa bagaimana warga belajar ikut serta berpartisipasi berperannya sikap ataupun emosi dan alasan mengapa warga belajar terlibat dalam mengambil keputusan memilih program Keaksaraan Fungsional. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap serta mendeskripsikan bagaimana keterlibatan warga belajar dalam pengambilan keputusan pada tahap perencanaan dan juga keterlibatan pada tahap pelaksanaan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Data penelitian yang ditampilkan berupa deskripsi hasil wawancara dan gambar-gambar yang diperoleh dari kegiatan pengumpulan data di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan studi dokumen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen manusia yang dalam hal ini adalah peneliti itu sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas uji keteralihan uji kebergantungan dan uji kepastian sedangkan analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh beberapa kesimpulan bahwa pertama keterlibatan warga belajar dalam pengambilan keputusan pada tahap perencanaan hanya sebatas partisipan pasif dalam program warga belajar sebagai penerima program dan memutuskan ikut program dengan alasan program itu baik dan bisa memberdayakan mereka. Kedua keterlibatan warga belajar dalam pengambilan keputusan pada tahap pelaksanaan yaitu dalam menentukan materi dan bahan ajar selama proses pembelajaran meskipun yang terjadi sumbangan pemikiran dari warga belajar sangat minim hal ini karena warga belajar merasa susah untuk berpikir menentukan materi apa yang sesuai dengan mereka sendiri. Kemudian dari temuan penelitian tersebut diharapkan pengelola PKBM dapat lebih tanggap terhadap program yang selanjutnya akan berjalan sehingga sasaran dapat dilibatkan juga pada tahap perencanaan perlu juga meningkatkan pengelolaan program yang menggunakan prinsip partisipatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4988

Actions (login required)

View Item View Item