Pengembangan pola latihan strategi penyerangan menggunakan formasi 1-2-1 dalam permainan futsal ekstrakurikuler SMP Negeri 9 Malang / Zulfikar Amelia Sumarsono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pola latihan strategi penyerangan menggunakan formasi 1-2-1 dalam permainan futsal ekstrakurikuler SMP Negeri 9 Malang / Zulfikar Amelia Sumarsono

Sumarsono, Zulfikar Amelia (2013) Pengembangan pola latihan strategi penyerangan menggunakan formasi 1-2-1 dalam permainan futsal ekstrakurikuler SMP Negeri 9 Malang / Zulfikar Amelia Sumarsono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sumarsono Zulfikar Amelia. 2013. Pengembangan pola latihan strategi penyerangan menggunakan formasi 1-2-1 dalam permainan futsal pada ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 9 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mu arifin M.Pd (II) Drs. Oni Bagus Januarto M. Kes. Kata kunci Pengembangan latihan strategi penyerangan futsal SMP Negeri 9 Malang. Permainan futsal merupakan olahraga permainan yang sangat cepat dan dinamis yang dimainkan di lapangan yang relatif kecil yang didalamnya dimainkan bagaimana cara memenangkan pertandingan dengan cara yang sportif pada dasarnya futsal adalah permainan yang sangat cepat dan dinamis. Tetapi siapa yang memasukkan bola ke dalam gawang lawan sama sekali tidaklah penting yang penting adalah proses. Berdasarkan analisis kebutuhan pada peserta dan pelatih estrakurikuler futsal di SMP Negeri 9 Malang secara umum peserta ekstrakurikuler futsal belum memahami bagaimana menerapkan koordinasi permainan futsal yang baik. Dari beberapa pola yang ada dalam permainan futsal pelatih lebih tertarik pada pola permainan 1-2-1 permainan futsal untuk dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan pola latihan strategi penyerangan pola permainan 1-2-1 permainan futsal yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam menerapkan pola permainan yang baik dan dapat dijadikan solusi dalam bagaimana memenangkan suatu pertandingan dengan cara yang sportif. Tahap prosedur pengembangan mengacu pada pola pengembangan Borg and Gall dengan mengambil 7 langkah dari 10 langkah yang ada yaitu penelitian dan pengumpulan data mengembangkan produk evaluasi ahli uji coba kelompok kecil revisi produk uji coba kelompok besar revisi produk akhir dengan menghasilkan produk akhir. Tempat penelitian dilakukan di SMP Negeri 9 Malang subjek uji coba terdiri (1) Tinjauan ahli dengan 2 ahli (2) Uji coba kelompok kecil (3) Uji coba kelompok besar. Hasil evaluasi dan persentase dari 2 ahli menyatakan 83 33% produk pengembangan valid sehingga dapat digunakan. Kemudian dari hasil uji kelompok kecil terdapat persentase sebesar 82 91% sehingga produk dapat digunakan sedangkan persentase dari uji coba kelompok besar terdapat penilaian sebesar 85 83% sehingga produk dinyatakan valid dan dapat digunakan. Dalam penyebarluasan produk pengembangan ke sasaran yang lebih luas sehingga tim/pemain lain dapat mengetahui dan memahami tentang pola latihan strategi penyerangan menggunakan formasi 1-2-1permainan futsal yang akan dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49865

Actions (login required)

View Item View Item