Pengembangan media pembelajaran penerapan budaya hidup sehat melalui multimedia interaktif untuk siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 21 Malang / Damang Midiatama Kurnia Aji

Aji, Damang Midiatama Kurnia (2013) Pengembangan media pembelajaran penerapan budaya hidup sehat melalui multimedia interaktif untuk siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 21 Malang / Damang Midiatama Kurnia Aji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aji, Damang M K. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Penerapan Budaya Hidup Sehat Melalui Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 21 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S (II) dr. H. Moch. Yunus, M.Kes. Kata kunci: pengembangan, multimedia interaktif, budaya hidup sehat     Berdasarkan hasil observasi melalui pengamatan, wawancara dan pengisian angket pada pembelajaran budaya hidup sehat dengan materi identifikasi dan cara menghindari penyakit tidak menular bagi siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 21 Malang dibutuhkan penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif yang mampu memberi gambaran yang nyata dan menyeluruh, sehingga diharapkan dapat membantu guru dalam penyampaian materi identifikasi dan cara menghindari penyakit tidak menular dalam budaya hidup sehat, agar dapat membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Selain itu muatan materi pelajaran dapat dibuat menjadi lebih menarik dan mudah dipahami, materi yang sulit akan menjadi mudah dipahami, serta suasana belajar yang menegangkan menjadi menyenangkan.     Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran penerapan budaya hidup sehat melalui multimedia interaktif untuk siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 21 Malang. Dengan adanya media pembelajaran budaya hidup sehat berupa multimedia interaktif ini, diharapkan siswa dapat aktif dalam proses belajar mengajar dan memperoleh pengetahuan yang lebih luas, sehingga dapat menerapkan budaya hidup sehat dalam kesehariannya. Penelitian yang dilaksanakan SMP Negeri 21 Malang ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan (research and development). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis deskriptif berupa persentase.     Pada hasil evaluasi ahli media diperoleh total persentase 76,25% dan evaluasi ahli pembelajaran dan kesehatan diperoleh total persentase 74,25% sehingga produk masuk pada kategori menarik, sesuai dan mudah digunakan. Produk dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli, yaitu ahli media, ahli pembelajaran dan kesehatan. Selanjutnya dilakukan uji coba (kelompok kecil) dan uji lapangan (kelompok besar). Analisis data hasil uji coba (kelompok kecil) dengan 15 orang subjek diperoleh total persentase 86,28% dengan kategori sangat menarik, sangat mudah dan sangat jelas, namun tetap dilakukan perbaikan pada bagian-bagian tertentu untuk semakin menyempurnakan produk. Hasil uji lapangan (kelompok besar) dengan 35 orang subjek diperoleh total persentase sebesar 87,33% dengan kategori sangat menarik, sangat mudah dan sangat jelas, sehingga tidak dilakukan revisi dan ditetapkan sebagai produk akhir.     Produk akhir dalam Pengembangan Media Pembelajaran Penerapan Budaya Hidup Sehat Melalui Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 21 Malang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa di SMP Negeri 21 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49842

Actions (login required)

View Item View Item