Pengembangan media pembelajaran e-book olahraga woodball / Marthinna Ratna Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran e-book olahraga woodball / Marthinna Ratna Sari

Sari, Marthinna Ratna (2013) Pengembangan media pembelajaran e-book olahraga woodball / Marthinna Ratna Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Materi olahraga woodball Media pembelajaran E- book Selama ini para atlit cabang olahraga woodball melakukan latihan hanya menggunakan media pelatih dan medi cetak. Sedangkan sumber-sumber belajar ada berbagai macam misalnya media pelatih media cetak dan media elektronik. Apabila atlit hanya menggunakan media pelatih saja kurang efisien pada saat memberikan materi atau menggunakan media cetak juga kurang efisienatlit hanya akan melihat gambar dan membaca tulisan. Sedangkan untuk media elektronik di dalamnya terdapat gabungan dari keduanya . Media elektronik memberikan atau menyampaikan materi berupa tulisan gambar video dan suara. Oleh karena itu media ini merupakan media pembelajaran paling efektif. Analisis kebutuhan (need asesment) melalui kuisioner didapat (1) 93 33 % atlit tidak selalu mengerti mengenai apa yang dijelaskan buku (2) 96 67 % atlit membutuhkan media berlatih yang lain yang sesuai dengan kebutuhannya dan (3) 96 67 % atlit setuju dikembangkannya media elektronik sebagai salah satu sumber berlatih. Tujuanpenelitianadalahuntukmengembangkanbukupembelajaranolahragawoodballberbasisilmuteknologi yang natinyaakandimasukkankedalamsebuah media elektronikdalambentukE-Book sehingga atlit dapat belajar materi olahraga woodball tanpa merasa bosan dengan adanya media yang baru. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan kemudian untuk rancanagan penelitian peneliti mengacu pada model pengembangan (research and development)Borg and Gall. Dari sepuluh langkah yang ada beberapa dimodifikasi oleh peneliti sesuai kebutuhan. Langkah- langkah yang diambil (1) Analisis kebutuhan (2) Pembuatan produk awal (3) Evaluasi ahli dan Uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 12 subjek (4) Revisi roduk pertama (5) Uji coba kelompok besar dengan menggunakan 30 subjek (6) Revisi produk akhir (7) Hasil akhir produk dengan total keseluruhan sampel yang digunakan oleh peneliti dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yaitu 42 atlit. Berdasarkan hasil (1) uji ahli diperoleh persentase 79 71% menyetuji produk ini layak dikembangkan (2) uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 76 50% dan (3) uji coba kelompok besar diperoleh persentase 95 27%. Angka persentase tersebut memiliki kriteria baik sekali sehingga produk ini dapat digunakan sebagai buku pembelajaran olahraga woodball berbasis ilmu teknologi yang natinya akan dimasukkan kedalam sebuah media elektronik dalam bentuk E-Book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49841

Actions (login required)

View Item View Item