Meningkatkan keaktifan pembelajaran lari sprint menggunakan metode pembelajaran kooperatif model TGT (Team Games Turnament) untuk siswa kelas V SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar / Prima Romadhoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keaktifan pembelajaran lari sprint menggunakan metode pembelajaran kooperatif model TGT (Team Games Turnament) untuk siswa kelas V SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar / Prima Romadhoni

Romadhoni, Prima (2013) Meningkatkan keaktifan pembelajaran lari sprint menggunakan metode pembelajaran kooperatif model TGT (Team Games Turnament) untuk siswa kelas V SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar / Prima Romadhoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kaktifan pembelajaran lari sprint kooperatif model TGT (Team Game Turnament) Olahraga atletik diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Lari sprint merupakan salah satu cabang atletik yang diajarkan di SDN Wonorejo 02 khususnya pada siswa kelas V diharapkan dalam pembelajaran ini siswa bisa ikut berperan aktif dalam pembelajaran tetapi dalam kenyataan yang ada di lapangan ditemui fakta bahwa siswa tidak senang dan kurang aktif dalam pelaksanaan pembelajaran lari sprint . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan pembelajaran lari sprint setelah mengunakan pendekatan pembelajaran kooperatif model TGT. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas lembar observasi wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran lari sprint mengunakan pendekatan kooperatif model TGT. Melalui pembelajaran kooperatif model TGT ini siswa melakukan lari sprint dalam bentuk permaianan dan perlombaan dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat tidak semua siswa menyenangi olahraga lari sprint. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktifan pembelajaran mengunakan pendekatan kooperatif model TGT pada siswa kelas V SDN Wonorejo 02 mengalami peningkatan. Hasil tindakan siklus 1dan 2 dari Aktif merespon instruksi guru sebesar 68% 93% 2) Giat dalam upaya menguasi materi sebesar 73% 95%3) Tanpa disuruh aktif menjalankan tugas 76% 95% 4) Siswa berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan konstruktif (dinamis meriah dan menyenangkan) sebesar 72% 97%.5) Mendengarkan penjelasan guru mengenai materi materi lari sprint sebesar 80% 98% 6) Mengamati teman yang melakukan materi lari sprint sebesar 77% 95% 7) Berperan aktif dalam pembelajaran materi lari sprint sebesar 73% 97% 8) Ikut dalam pembelajaran materi lari sprint sebesar 70% 95% Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lari sprint dengan pendekatan kooperatif model TGT dapat meningkatkan keaktifan pembelajaran siswa kelas V SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49832

Actions (login required)

View Item View Item