Peningkatan keterampilan gerak lompat jauh gaya jongkok menggunakan metode bermain pada siswa kelas VII B SMP Negeri 02 Sukodono Lumajang / Andi Eko Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan gerak lompat jauh gaya jongkok menggunakan metode bermain pada siswa kelas VII B SMP Negeri 02 Sukodono Lumajang / Andi Eko Prasetyo

Prasetyo, Andi Eko (2013) Peningkatan keterampilan gerak lompat jauh gaya jongkok menggunakan metode bermain pada siswa kelas VII B SMP Negeri 02 Sukodono Lumajang / Andi Eko Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Peningkatan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok Metode Bermain. Pada kompetensi dasar kelas VII semester 1 yaitu mempraktikan keterampilan salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama kejujuran kerja keras dan percaya diri. Pada observasi awal diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan teknik lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Sukodono Lumajang dari keempat teknik dasar yang diamati tingkat kegagalan pada tekink awalan dengan jumlah persentase 41 67% tumpuan 42 22% melayang 69 44% mendarat 50%. Oleh karena itu perlu adanya pembaharuan metode penyampaian materi yaitu dengan menggunakan permainan untuk menghindarkan siswa menjadi bosan dan kurang kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan peningkatan keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Sukodono Lumajang dengan menggunakan metode bermain. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Sukodono Lumajang. Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa sikap siswa dan pengetahuan siswa serta kinerja guru dan suasana akademik dari siklus ke siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 terjadi peningkatan yaitu pada teknik awalan dari 63 88% menjadi 83 33% tumpuan 61 11% menjadi 77 78% melayang 36 11% menjadi 55 56% mendarat 61 11% menjadi 80 56%. Siklus 2 pada teknik awalan dari 88 89% menjadi 100% tumpuan 83 33% menjadi 97 22% melayang 64 44% menjadi 91 67% mendarat 86 11% menjadi 97 22%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Sukodono Lumajang. Selain itu dapat juga meningkatkan sikap dan pengetahuan siswa. Saran bagi guru Pendidikan Jasmani dapat menggunakan permainan untuk meningkatkan keterampilan lompat jauh. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama diharapkan dapat mengembangkan lagi permainan-permainan olahraga untuk diterapkan pada pembelajaran pendidikan jasmani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49802

Actions (login required)

View Item View Item