Implementasi program perenting dalam lembaga PAUD An-Nurlaili Desa Sumber Poh Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo / Uswatun Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi program perenting dalam lembaga PAUD An-Nurlaili Desa Sumber Poh Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo / Uswatun Hasanah

Hasanah, Uswatun (2013) Implementasi program perenting dalam lembaga PAUD An-Nurlaili Desa Sumber Poh Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo / Uswatun Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Implementasi Program Parenting PAUD. Praktek Kerja Industri (Prakerin) adalah program wajib yang diselenggarakan oleh sekolah menengah kejuruan dan pendidikan luar sekolah serta wajib diikuti oleh siswa/warga belajar. Kualifikasi tempat Prakerin memiliki pengaruh terhadap keterpenuhan kompetensi Prakerin siswa. Tempat Prakerin yang baik mampu meningkatkan perolehan kompetensi Prakerin. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perolehan kompetensi berdasarkan kurikulum yang dicapai oleh siswa kelas XI jurusan Mesin Otomotif-Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 12 Malang yang melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di bengkel resmi (2) mendeskripsikan perolehan kompetensi berdasarkan kurikulum yang dicapai oleh siswa kelas XI jurusan Mesin Otomotif-Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 12 Malang yang melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di bengkel tidak resmi dan (3) mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara perolehan kompetensi Praktek Kerja Industri (Prakerin) pada bengkel resmi dengan bengkel tidak resmi oleh siswa kelas XI jurusan Mesin Otomotif - Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 12 Malang. Jenis penelitian ini ditinjau dari tujuannya merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan komparatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Teknik Mekanik Otomotif tahun pelajaran 2011/2012 yang melaksanakan praktek kerja industri (Prakerin) yang berjumlah 144 orang siswa yang terdiri dari 11 siswa yang melaksanakan Prakerin di bengkel resmi dan 133 siswa yang melaksanakan Prakerin di bengkel tidak resmi. Sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 44 responden dengan rincian 11 siswa yang melaksanakan Prakerin di bengkel resmi dan 33 siswa yang melaksanakan Prakerin di bengkel tidak resmi yang diambil dengan cara Teknik Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan dari 11 orang sebagai responden yang prakerin di bengkel resmi terdapat 8 orang (72 73%) yang memiliki perolehan kompetensi tinggi yang berada dalam kategori sedang sebanyak 3 orang (27 27%) sedangkan yang berada dalam kategori rendah sebanyak 0 orang (0%) dan dari 33 orang responden yang prakerin di bengkel tidak resmi terdapat 7 orang (21 21%) yang memiliki perolehan kompetensi tinggi yang berada dalam kategori sedang sebanyak 22 orang (66 67%) sedangkan yang berada dalam kategori rendah sebanyak 4 orang (12 12%). Dari hasil penelitian tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa perolehan kompetensi siswa yang prakerin di bengkel resmi lebih tinggi jika dibandingkan dengan perolehan kompetensi siswa yang prakerin di bengkel tidak resmi. Dan sebaliknya perolehan kompetensi siswa yang prakerin di bengkel tidak resmi lebih rendah jika dibandingkan dengan perolehan kompetensi siswa yang prakerin di bengkel resmi. Dari hal di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan perolehan kompetensi siswa SMK Negeri 12 jurusan mekanik otomotif-teknik kendaraan ringan yang melaksanakan prakerin di bengkel resmi dan bengkel tidak resmi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4980

Actions (login required)

View Item View Item