Peningkatan keterampilan passing bawah bola voli mini menggunakan pendekatan bermain (studi tindakan pada kelas VIIA SMPN 9 Malang) / Supriono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan passing bawah bola voli mini menggunakan pendekatan bermain (studi tindakan pada kelas VIIA SMPN 9 Malang) / Supriono

Supriono (2013) Peningkatan keterampilan passing bawah bola voli mini menggunakan pendekatan bermain (studi tindakan pada kelas VIIA SMPN 9 Malang) / Supriono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peningkatan passing bawah Bolavoli Mini pendekatanbermain Passing adalah teknik dasar yang harus dimiliki setiap pemain bolavoli dengan upaya mengoperkan bola yang dimainkan sesama teman yang di lapangan sendiri. Maksudnya dengan melakukan passing akan dengan mudah seorang pemain mengarahkan bola semaunya ke arah yang dikehendakinya pada teman seregunya yang nantinya bola tersebut akan dijadikan sebagai serangan terhadap regu lawan.Untuk melakukan pembelajaran passing bawah diperlukan tahapan-tahapan tertentu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli mini pada siswa kelas VIIA SMPN 9 Malang menggunakan pendekatan bermain. Sesuai dengan tujuan dan rumusan masalah maka desain penelitian yang dipilih adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkanhasilobservasiawal dari 40siswahampirsemuasiswabelumbiasamelakukan passing bawah. Kesalahan yang paling banyakadalah diperkenaan bola terjadi 36 (90%) siswa yang salah posisi kaki 26 (65%) siswa yang salah badan 31 (77 5%) siswa yang salah posisilengan 33 (82 5%) siswa yang salah arah bola 34 (85%). Setelahdilakukanperlakuanmelalaui 2 siklus massing-masing 3 kali pertemuansetiapsiklusnya dari 42siswahampirsemuasiswabiasamelakukan passing bawah. Kebenaranansetelahdilakukantindakanhampirmencapainilaisempurnayaitu posisi kaki sebanyak 37 siswa (88 1%) sudahbenar posisilengan 34 siswa (80 5) sudahbenar posisibadan 35 siswa (83 3%) sudahbenar perkenaan bola 36 (85 7%) sudahbenar arah bola 41 siswa (97 6%) sudahbenar Setelah melaksanakan pembelajaran pada siklus 2 peneliti dan guru melakukan refleksi melalui diskusi pada tanggal 11Desember 2012 di SMPN 9 Malang. Secara umum hasil penilaian ketrampilan pada siklus 1 mengalami peningkatan pada siklus 2. Berdasarkan hasil yang diperoleh terjadi peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli mini pada siswa kelas VIIA SMPN 9 Malang. Hal itu bisa dilihat dari 42 siswa yang tidak memenuhi nilai standart ketuntasan minimal mengalami peningkatan karena pada siklus 2 siswa yang tidak memenuhi standart ketuntasan minimal hanya berjumlah 3 orang. Dari hasil data mengenai tingkat keberhasilan siswa dalam melakukan keterampilan passing bawah bolavoli mini pada siswa kelas VIIA SMPN 9 Malang yang telah diperoleh dari tindakan pada siklus 2 Maka dapat disimpulkan tujuan dari penelitian ini telah tercapai dan tidak perlu diadakan tindak lanjut pada siklus berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49793

Actions (login required)

View Item View Item