Studi komparatif tingkat kebugaran jasmani siswa putra usia 10-12 tahun pada SD Full Day dan SD Non Full Day di Kabupaten Probolinggo / Nasihuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparatif tingkat kebugaran jasmani siswa putra usia 10-12 tahun pada SD Full Day dan SD Non Full Day di Kabupaten Probolinggo / Nasihuddin

Nasihuddin (2013) Studi komparatif tingkat kebugaran jasmani siswa putra usia 10-12 tahun pada SD Full Day dan SD Non Full Day di Kabupaten Probolinggo / Nasihuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Putra Usia 10-12 Tahun Pada SD Full Day Dan Non Full Day. Kebugaran jasmani merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap individu untuk menjaga ketahanan tubuh demi kelangsungan hidup begitu pula dalam pendidikan jasmani kebugaran jasmani sangatlah dibutuhkan sebagai penunjang di dalam proses belajar siswa. Aktivitas yang berhubungan dengan fisik dan pola hidup dapat mempengaruhi tingkat kebugaran jasmani siswa. Apabila aktivitas yang berhubungan dengan fisik dibatasi maka tingkat kebugaran jasmani akan terganggu. Berkaitan dengan masalah tingkat kebugaran jasmani terutama pada siswa putra usia 10-12 tahun pada SD Full Day dan Non Full Day dimana pada sekolah Full Day proses belajar mengajar di mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 15.30 sehingga waktu istirahat/waktu luang untuk beraktifitas di rumah sangat sedikit di banding sekolah Non Full Day. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat kebugaran jasmani siswa putra usia 10-12 tahun pada Sekolah Dasar Full Day dan Sekolah Dasar Non Full Day. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survei. Penelitian survei adalah suatu penelitian yang dilakukan tanpa melakukan intervensi terhadap subjek penelitian sehingga sering disebut penelitian noneksperimen. Yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kelompok siswa putra usia 10-12 tahun yang dijadikan sampel mewakili kelompok anak usia 10-12 tahun dan penelitian ini dilakukan dengan satukali tes pada waktu yang relative sama. Dari hasil penghitungan Uji One-Way Anova menggunakan program SPSS pada siswa putra usia 10-12 di SD Full Day dan di SD Non Full Day. Tabel ANOVA menunjukkan nilai sig (0 00) 0 05 maka H0 ditolak yang berarti H1 diterima maka terdapat perbedaan tingkat kebugaran jasmani siswa putra usia 10-12 pada SD Full Day dan SD Non Full Day. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai signifikansi kurang dari 945 0 05 artinya H0 tidak terdapat pebedaan tingkat kebugaran jasmani siswa putra usia 10-12 tahun pada SD Full Day dan SD Non full Day ditolak. jadi terdapat perbedaan tingkat kebugaran jasmani siswa putra usia 10-12 tahun pada SD Full Day dan SD Non full Day. Setelah mendapatkan gambaran tentang tingkat kebugaran jasmani siswa diharapkan kepada guru pendidikan jasmani pada SD Full Day agar memberikan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan tingkat kebugaran jasmani siswa. Bagi guru pendidikan jasmani pada SD Non Full Day diharapkan dapat menjaga dan mengembangkan tingkat kebugaran jasmani siswa agar menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49783

Actions (login required)

View Item View Item