Meningkatkan aspek afektif dalam pembelajaran gerak dasar atletik dengan pendekatan permainan pada siswa kelas V SDN sentul 1 pasuruan / Darmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan aspek afektif dalam pembelajaran gerak dasar atletik dengan pendekatan permainan pada siswa kelas V SDN sentul 1 pasuruan / Darmansyah

Darmansyah (2013) Meningkatkan aspek afektif dalam pembelajaran gerak dasar atletik dengan pendekatan permainan pada siswa kelas V SDN sentul 1 pasuruan / Darmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Meningkatkan Pembelajaran Gerak dasar Atletik Metode Permainan Aspek afektif sangat mempengaruhi kemampuan belajar siswa baik secara kognitif maupun psikomotor terutama dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. pembelajaran pendididkan jasmani hendaknya dapat mengakomodir dari ketiga aspek tersebut akan tetapi pada pelaksanaanya pembelajaran yang dilakukan hanya mengarah pada aspek psikomotor saja oleh karena itu perlu melibatkan aspek afektif. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Sentul I Pasuruan aspek afektif siswa belum maksimal karena beberapa faktor terutama metode yang digunakan dalam PBM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aspek afektf melalui pendekatan permainan. Penelitian yang dilakukan ialah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus 1 siklus 2 kali pertemuan dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 45 siswa kelas V SDN Sentul I Pasuruan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) dan tes. Melalui pendekatan Permainan diharapkan dapat meningkatkan aspek afektif siswa. Hal ini bisa dilihat dari persentase rata-rata afektif siswa pada siklus I dan siklus II hasilnya hasil afektif siswa dalam pembelajaran dari siklus I pertemuan 1 dan 2 sebesar 70.7% dengan katagori cukup dan pada siklus II pertemuan 1 dan 2 mengalami peningkatan 86% yang tergolong dalam katagori baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan pendekatan permainan yang dilakukan dapat meningkatkan aspek afektif terutama pada pembelajaran gerak dasar atletik. Adapun saran yang diberikan dari hasil penelitian ini guru dapat memberikan pembelajaran gerak dasar atletik dengan pendekatan permainan karena dapat memaksimalkan pembelajaran terutama aspek afektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49782

Actions (login required)

View Item View Item