Meningkatkan keterampilan gerak dasar senam lantai guling depan dengan pendekatan bermain untuk anak tunagrahita kelas V SDLB C di SLB Pembina Tingkat Nasional Lawang / Moeh. Arif Muttaqin - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan gerak dasar senam lantai guling depan dengan pendekatan bermain untuk anak tunagrahita kelas V SDLB C di SLB Pembina Tingkat Nasional Lawang / Moeh. Arif Muttaqin

Muttaqin, Moeh. Arif (2013) Meningkatkan keterampilan gerak dasar senam lantai guling depan dengan pendekatan bermain untuk anak tunagrahita kelas V SDLB C di SLB Pembina Tingkat Nasional Lawang / Moeh. Arif Muttaqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Meningkatkan Keterampilan Senam Lantai Guling Depan Pendekatan Bermain Senam lantai guling depan adalah gerakan berguling ke arah depan melalui bagian belakang badan (tengkuk) pinggul pinggang dan panggul bagian belakang. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan senam lantai guling depan siswa kelas V SDLB C di SLB Pembina Tingkat Nasional Lawang belum optimal pada saat sikap awal gerakan berguling dan sikap akhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki pembelajaran senam lantai yang belum optimal yang diharapkan bisa meningkatkan keterampilan senam lantai guling depan siswa kelas V SDLB C di SLB Pembina Tingkat Nasional Lawang yang belum optimal dengan menggunakan pendekatan bermain Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDLB C di SLB Pembina Tingkat Nasional Lawang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) dan tes. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa melalui pendekatan bermain mampu meningkatkan keterampilan siswa dari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan senam lantai guling depan setelah diberikan tindakan dari siklus1 dan siklus 2 hasilnya dari 1 (20%) siswa yang sudah bisa melakukan gerakan sikap awal dengan baik menjadi 5 (100%) siswa yang mampu melakukan gerakan yang benar dengan katagori baik. Dari belum ada siswa yang bisa melakukan gerakan berguling (0%) menjadi 4 (80%) siswa yang mampu melakukan gerakan benar pada gerakan dengan katagori baik. Dari belum ada siswa yang bisa melakukan sikap akhir dengan benar (0%) menjadi 4 (80%) siswa yang mampu melakukan gerakan yang benar pada sikap akhir dengan kategori baik Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah dengan pemberian pendekatan bermain dapat memperbaiki pembelajaran senam lantai yang belum optimal dan dapat meningkatkan keterampilan senam lantai guling depan siswa kelas V SDLB C di SLB Pembina Tingkat Nasinal Lawang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49773

Actions (login required)

View Item View Item