Sahlan, Mohammad (2012) Upaya meningkatkat kemenarikan pembelajaran passing bola voli dengan metode bermain pada siswa kelas V SDN Jimbaran II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan / Muhammad Sahlan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Metode bermain kemenarikan pembelajaran passing bolavoli. Bolavoli merupakan salah satu cabang olahraga yang diajarkan di sekolah dasar. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan diperoleh informasi bahwa masih banyak siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan di SDN Jimbaran II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan masih sering menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan materi dan modelling untuk memberikan contoh kepada siswa. Peneliti menyadari adanya perbedaan tingkat pemahaman dan tingkat penerapan informasi pada setiap siswa yang nantinya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model-model permainan. Salah satu ciri pembelajaran dengan menggunakan model-model permainan adalah siswa senang dan banyak bergerak. Dengan proses pembelajaran tersebut siswa diharapkan dapat lebih aktif senang dan semangat dalam pembelajaran passing bolvoli sehingga hasil belajar meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran passing bolavoli kelas V SDN Jimbaran II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan dengan model-model permainan. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahap yang terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani guru Pendidikan Jasmani lain dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 persentase siswa 56% atau 14 siswa yang tidak aktif 60% atau 15 siswa yang tidak semangat 52% atau 13 siswa tidak menarik pada pembelajaran. Pada siklus 2 siswa yang tidak aktif turun menjadi 4% atau 1 siswa yang tidak senang pada pembelajaran turun menjadi 4% atau 1 siswa dan untuk persentase siswa semangat pada pembelajaran turun menjadi 4% atau 1 siswa. Sehingga siswa mengalami peningkatan dalam aspek keaktifan kesenangan dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model-model permainan dan variasi pembelajaran yang diberikan oleh guru dalam penelitian ini dapat meningkatkan kemenarikan siswa dalam pembelajaran passing bolavoli pada kelas V SDN Jimbaran II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49765 |
Actions (login required)
View Item |