Minarni (2012) Meningkatkan keaktifan ranah afeksi dalam pembelajaran gerak dasar tolak peluru dengan pendekatan bermain pada siswa kelas VI SDN Lumbangrejo 1 Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Minarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Keaktifan Teknik Dasar Tolak Peluru bermain. Olahraga atletik diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Lempar/tolak merupakan salah satu nomer dari cabang atletik. Melalui pembelajaran teknik dasar tolak peluru diharapkan siswa lebih senang aktif paham terhadap materi dan terampil dalam penguasaan. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa keaktifan dalam pembelajaran teknik dasar lompat SD Negeri Lumbangrejo I Kec. Prigen Kab. Pasuruan masih kurang optimal. Siswa masih banyak yang tidak aktif tidak semangat tidak senang dan tidak tekun di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dalam pembelajaran gerak dasar lompat setelah menggunakan metode bermain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran teknik dasar tolak peluru dengan pendekatan bermain. Siswa melakukan gerakan tolak sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat tidak semua siswa menyenangi olahraga atletik khususnya pembelajaran teknik dasar tolak peluru. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dalam pembelajaran teknik dasar tolak peluru siswa kelas VI SD Negeri Lumbangrejo I mengalami peningkatan. Hasil tindakan siklus 1 dari sub-indikator aktif dalam pembelajaran sebesar 69 56% 2) sub-indikator semangat dalam pembelajaran sebesar 73 91% 3) sub-indikator senang/enjoy dalam pembelajaran sebesar 69 56% 4) sub-indikator tekun dalam pembelajaran sebesar 78 26% sehingga rata-rata skor keaktifan dalam pembelajaran sebesar 72 82% dalam kategori cukup baik. Hasil tindakan siklus 2 dari sub-indikator aktif dalam pembelajaran sebesar 91 30% 2) sub-indikator semangat dalam pembelajaran sebesar 95 65% 3) sub-indikator senang/enjoy dalam pembelajaran sebesar 95 65% 4) sub-indikator tekun dalam pembelajaran sebesar 86 96% sehingga skor rata-rata sebesar 92 39% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran teknik dasar tolak peluru dengan metode bermain dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran teknik dasar tolak peluru siswa kelas VI SD Negeri Lumbangrejo I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49764 |
Actions (login required)
View Item |