Fauzi, Mochamad (2012) Upaya meningkatkan keaktifan ranah afektif siswa dalam pembelajaran dasar lompat jauh melalui pendekatan bermain pada siswa kelas IV SD Negeri Gondangrejo Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan / Mochamad Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Keaktifan Lompat Pembelajaran Bermain. Olahraga atletik adalah olahraga yang diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Lompat jauh adalah salah satu nomer lompat dari cabang atletik. Dengan melalui pembelajaran lompat jauh diharapkan siswa lebih aktif semangat senang dan tekun. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa keaktifan ranah afektif siswa pada pembelajaran lompat jauh di SD Negeri Gondangrejo Kecamatan Gondangwetan masih belum tercapai. Siswa masih banyak yang tidak aktif semangat senang dan tekun di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan ranah afektif siswa dalam pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan pendekatan bermain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui PTK ini bertujuan untuk memperbaiki dalam pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan bermain. Dengan menggunakan pendekatan bermain keaktifan siswa dapat ditingkatkan keaktifannya dalam pembelajaran. Hal ini sangat penting mengingat tidak semua siswa menyenangi olahraga atletik (lompat jauh). Dalam merencanakan tindakan peneliti berkolaborasi dengan guru lain yang berlangsung selama 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas IV SD Negeri Gondangrejo mengalami peningkatan. Dari hasil tindakan siklus 1 dari indikator aktif dalam pembelajaran 72 63% mengalami peningkatan sebesar 15 79% sehingga menjadi 88 42% indikator semangat dalam pembelajaran 68 42% mengalami peningkatan sebesar 10% sehingga menjadi 78 42% indikator senang dalam pembelajaran 75 26% mengalami peningkatan 8 95% sehingga menjadi 84 21% indikator tekun dalam pembelajaran 70% mengalami peningkatan 10 52% sehingga menjadi 80 52% Pada siklus 2 rata-rata mengalami peningkatan 11 32% dari 71 57% menjadi 82 89% dengan kategori cukup menjadi kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lompat jauh dengan melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan keaktifan ranah afektif siswa kelas IV SD Negeri Gondangrejo Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49762 |
Actions (login required)
View Item |