Meningkatkan keaktifan aspek afektif siswa dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi siswa kelas II SD Negeri Lumbang I dengan metode permainan / Juriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keaktifan aspek afektif siswa dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi siswa kelas II SD Negeri Lumbang I dengan metode permainan / Juriyah

Juriyah (2012) Meningkatkan keaktifan aspek afektif siswa dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi siswa kelas II SD Negeri Lumbang I dengan metode permainan / Juriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Meningkatkan Keaktifan Lompat Tinggi Metode Permainan Lompat tinggi adalah suatu gerakan mengangkat tubuh dari suatu titik ke titik yang lain yang lebih tinggi. Dalam melakukan pembelajaran lompat tinggi teknik-teknik yang harus di perhatikan adalah tehnik awalan tumpuan kaki saat melayang di udara dan saat melakukan pendaratan. Adapun pelaksanaan kegiatan pembelajaran di laksanakan di SD Negeri Lumbang 1 siswa Kelas II semester 1. Pada pembelajaran permainan lompat tinggi tersebut diketahui bahwa siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran yang di sebabkan oleh model pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa merasa jenuh.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan aspek afektif siswa dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi dengan menggunakan metode permainan pada siswa kelas II SDN Lumbang 1 Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif . Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) Tahap Perencanaan (2) Tahap Pelaksanaan Tindakan (3) Tahap Observasi (4) Tahap Analisis dan Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Lumbang 1 Kecamatan Lumbang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil belajar siswa secara individu pada kegiatan pra tindakan mencapai skor rata-rata 43 5 pada siklus I skor rata-rata mencapai 63. Aktivitas siswa dalam pembelajaran di kelas pada siklus I mencapai 58 93% dan meningkat menjadi 80 35 % pada siklus II. Hal ini mencerminkan adanya interaksi belajar dalam kelas. Dengan adanya perbaikan pada siklus II ini nilai rata-rata siswa juga meningkat menjadi 75 dan semua siswa belajar dengan tuntas. Peneliti membuat simpulan dari hasil pra tindakan diperoleh nilai rata-rata 43 5 pada siklus I menjadi 63 pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 75. Pada siklus II inilah semua siswa belajar dengan tuntas sehingga penelitian ini dihentikan. Peneliti menyarankan agar guru Penjaskes SD dalam proses belajar mengajar olahraga khususnya materi lompat tinggi hendaknya menggunakan metode dalam setiap pembelajaran dan media yang dapat dibuat sendiri oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49754

Actions (login required)

View Item View Item