Fachrudha, Noky Phasa Luta (2012) Meningkatkan keterampilan gerak dasar melompat dan meloncat dengan pendekatan bermain untuk anak tunagrahita kelas IV SDLB C di SLB Pembina Tingkat Nasional Lawang Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Noky Phasa Luta Fachrudha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Meningkatkan gerak melompat dan meloncat dengan pendekatan bermain. Gerak dasar melompat dan meloncat merupakan komponen dalam gerakan dasar atletik diajarkan mulai jenjang SDLB/MILB. Melalui pembelajaran gerak dasar melompat dan meloncat diharapkan siswa mampu melakukan gerak dasar melompat dan meloncat dengan benar. Berdasarkan observasi awal siswa masih mengalami kesalahan dalam melakukan gerak melompat dan meloncat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan gerak melompat dan (2) peningkatan gerak meloncat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini Adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran gerak dasar melompat dan meloncat dengan permainan modifikasi. Melalui permainan modifikasi ini siswa melakukan gerak melompat dan meloncat sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat siswa SDLB C mengalami kekurangan dalam gerak dasar. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan melakukan gerak dasar melompat dan meloncat mengalami peningkatan. Berdasarkan siklus pertama telah mendapatkan hasil sebagai berikut gerak melompat pada sikap awal 20% menjadi 40% sikap badan 20% menjadi 20% sikap kepala dan tangan 20% menjadi 40% dan sikap akhir 20% menjadi 40% dan gerak meloncat pada sikap awal 20 % menjadi 60% sikap badan 20% menjadi 40% sikap kepala dan tangan 20% menjadi 20% dan sikap akhir 20 % menjadi 40% pada siklus kedua telah mendapatkan hasil sebagai berikut gerak melompat pada sikap awal 40% menjadi 100% sikap badan 20% menjadi 80% sikap kepala dan tangan 40% menjadi 100% dan sikap Akhir 40 % menjadi 100% dan gerak meloncat pada sikap awal 60% menjadi 100% sikap badan 40% menjadi 100% sikap kepala dan tangan 20% menjadi 80% dan sikap akhir 40% menjadi 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gerak dasar melompat dan meloncat dengan permainan modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDLB C di SLB Pembina Tingkat Nasional Lawang Kabupaten Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49753 |
Actions (login required)
View Item |