Pengembangan pembelajaran yang menggunakan catatan harian pembelajaran pendidikan jasmani kelas XI Ilmu Pendidikan Bahasa SMA Negeri 5 Malang / Galuh Triatmojo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran yang menggunakan catatan harian pembelajaran pendidikan jasmani kelas XI Ilmu Pendidikan Bahasa SMA Negeri 5 Malang / Galuh Triatmojo

Triatmojo, Galuh (2012) Pengembangan pembelajaran yang menggunakan catatan harian pembelajaran pendidikan jasmani kelas XI Ilmu Pendidikan Bahasa SMA Negeri 5 Malang / Galuh Triatmojo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Catatan harian pembelajaran. Di kelas XI-IPB SMA Negeri 5 Malang pembelajaran pendidikan jasmani dilakukan seperti pembelajaran pada umumnya berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan pengamatan peneliti dilapangan siswa kurang bersemangat dalam melakukan pembelajaran pendidikan jasmani hal ini bisa dilihat dari setiap pertemuan selalu ada siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan barbagai macam alasan dalam pembelajaran siswa juga tidak sepenuhnya memperhatikan setiap penjelasan dari guru sehingga segi kognitif siswa menjadi sangat kurang oleh karena itu dibutuhkan sebuah alternatif pembelajaran yang bisa lebih menarik siswa maka disusun sebuah pembelajaran yang menggunakan catatan harian pembelajaran penjas Penelitian ini merujuk pada penelitian R D dari Borg dan Gall. Tidak semua tahapan dalam penelitian R D dilakukan dalam penelitian ini melalui beberapa tahap antara lain 1) melakukan pengamatan awal (analisis kebutuhan) 2) melakukan perencanaan pembelajaran dilengkapi dengan buku panduan selanjutnya dievaluasi oleh para ahli 3) mengembangkan produk awal 4) melakukan uji coba produk dengan 6 siswa sebagai subjek coba 5) melakukan revisi terhadap produk awal 6) melakukan uji coba lapangan(kelompok besar) denga 16 siswa sebagai subjek coba 7) melakukan revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket kuisioner berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Pengembangan pembelajaran ini di lengkapi dengan buku panduan membuat catatan harian pembelajaran penjas produk dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli hasilnya ahli pembelajaran penjas yang menyatakan 93 75% produk siap digunakan dan ahli media pembelajaran yang menyatakann 86 25% produk layak untuk dipergunakan. Guru menyatakan 85% produk layak dipergunakan. Hasil analisis data yang diperoleh adalah pada kelompok kecil 83 70% dan dalam kelompok besar 88 75% siswa bisa menjalankan pembelajaran dengan baik. Diharapkan pengembangan yang menggunakan catatan harian pembelajaran ini bisa menjadi salah satu alternatif pembelajaran pendidikan jasmani khususnya pada materi kognitif agar pembelajaran lebih menarik sehingga siswa lebih tertarik pada setiap kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49743

Actions (login required)

View Item View Item