Meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran tolak peluru menggunakan peluru modifikasi dengan metode bermain ke target sasaran untuk siswa kelas V SDN Tempeh Kidul 1 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang / Fernandy Yogo Mulyantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran tolak peluru menggunakan peluru modifikasi dengan metode bermain ke target sasaran untuk siswa kelas V SDN Tempeh Kidul 1 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang / Fernandy Yogo Mulyantoro

Mulyantoro, Fernandy Yogo (2012) Meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran tolak peluru menggunakan peluru modifikasi dengan metode bermain ke target sasaran untuk siswa kelas V SDN Tempeh Kidul 1 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang / Fernandy Yogo Mulyantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci keaktifan siswa tolak peluru peluru modifikasi metode bermain ke itarget sasaran Keaktifan siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu faktor utama yang harus diterapkan oleh guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dituntut untuk berkreasi dalam melakukan pembelajaran khususnya dalam pembelajaran tolak peluru dengan penambahan atau memodifikasi alat peraga seperti tolak peluru. Metode bermain merupakan salah satu pembelajaran dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk menyiasati agar pembelajaran berjalan menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tolak peluru menggunakan peluru modifikasi dengan metode bermain ke target sasaran untuk siswa kelas V SDN Tempeh Kidul 1 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Metode penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian ini memakai 2 siklus yang setiap siklus terdapat 3 kali pertemuan maka jumlah keseluruhan pertemuan yang ada dalam penelitian ini terdapat 6 kali pertemuan. Di mana setiap siklus terdiri dari tahap-tahapan yaitu 1). Perencanaan 2). Pelaksanaan 3). Pengamatan (observasi) dan 4). Refleksi. Dari hasil refleksi siklus 1 yang telah dilaksanakan masih belum memperoleh hasil keaktifan siswa 90% dan masih ada kekurangan dalam pelaksanaan siklus 1 yang di antaranya Sebagian siswa masih kurang mengerti arahan yang diberikan oleh guru masih ada siswa yang tidak memperhatikan guru menolak dengan memakai peluru sesungguhnya sebagian siswa masih banyak yang salah. Dari kekurangan yang muncul pada pembelajaran tolak peluru pada siklus 1 maka dilanjutkan ke siklus berikutnya (siklus 2) agar kekurangan yang muncul dalam pembelajaran tolak peluru pada siklus 1 dapat diperbaiki dengan indikator keaktifan siswa mencapai 90%. Hasil penelitian ini menunjukkan keaktifan siswa dalam siklus 1 yang dilanjutkan ke siklus 2 telah mengalami peningkatan dengan mencapai indikator keaktifan 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran tolak peluru menggunakan peluru modifikasi dengan metode bermain ke target sasaran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V SDN Tempeh Kidul 1 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49742

Actions (login required)

View Item View Item