Hakim, Aluf Lukman (2012) Upaya peningkatan keterampilan lempar lembing dengan pendekatan pembelajaran berdasarkan tingkat kesulitan untuk siswa kelas VII SMPN 2 Sumberjambe Kabupaten Jember / Aluf Lukman Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Peningkatan Keterampilan Tingkat Kesulitan Lempar Lembing Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang menyelenggarakan proses belajar mengajar memegang peranan penting dalam rangka pembentukan sikap dan pengetahuan serta budi pekerti yang dapat menunjang proses pertumbuhan serta mengembangkan potensi yang ada pada peserta didik yang lebih baik dari apa yang telah mereka dapatkan di lingkungan keluarga dan masyarakat. Pendidikan Jasmani dan kesehatan merupakan salah satu bidang studi yang menjadi muatan dalam kurikulum SMP Permainan dan olahraga merupakan salah satu ruang lingkup dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan kesehatan yang terdapat di dalam standar kompetensi Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. Salah satu kompetensi dasarnya yaitu permainan bolavoli pada kelas VII salah satu materi pokoknya adalah lempar lembing. Berdasarkan observasi awal di SMPN 2 Sumberjambe Kabupaten Jember pada bulan Februari 2012 siswa banyak melakukan kesalahan dalam cara melempar yang benar dan sesuai dengan gaya lempar lembing. Selain dari siswa cara mengajar guru juga mendapat perhatian dari peneliti karena sesuai dengan judul dari skripsi ini adalah upaya peningkatan keterampilan lempar lembing tentunya seluruh aspek yang menjadi bagian dari mengajar adalah indikator dari penelitian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk Upaya Peningkatan Keterampilan Lempar Lembing dengan Pendekatan Tingkat Kesulitan siswa di SMPN 2 Sumberjambe Kabupaten Jember. Kinerja guru hasil belajar siswa dan suasana akademik adalah indikator keseluruhan yang menjadi tujuan dari penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Sumberjambe Kabupaten jember dengan jumlah subyek penelitian adalah 30 siswa kelas VII. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumnetasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah presentase. Berdasarkan hasil penelitian setiap pertemuan dari siklus 1 hingga 2 perkembangan dari setiap indikator menunjukkan grafik yang signifikan. Perkembangan tersebut juga ditunjang performa guru dari setiap pertemuan juga menunjukkan grafik peningkatan yang tentu saja meningkatkan performa dan hasil belajar siswa dengan berdasarkan tingkat kesulitan siswa Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan dengan pendekatan tingkat kesulitan siswa performa dan hasil belajar siswa dapat meningkatkan psikomotor afektif dan kognitif secara mandiri dan tentunya guru juga mendapatkan pembelajaran yang lebih dikembangkan dalam pembelajaran itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49737 |
Actions (login required)
View Item |