Meningkatkan keterampilan gerak dasar melompat dengan modifikasi permainan untuk siswa kelas IV SDN Jambewangi 03 Kabupaten Blitar / Farid Hasby - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan gerak dasar melompat dengan modifikasi permainan untuk siswa kelas IV SDN Jambewangi 03 Kabupaten Blitar / Farid Hasby

Hasby, Farid (2012) Meningkatkan keterampilan gerak dasar melompat dengan modifikasi permainan untuk siswa kelas IV SDN Jambewangi 03 Kabupaten Blitar / Farid Hasby. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Melompat Modifikasi Permainan Melompat adalah gerakan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan satu kaki untuk tolakan dan mendarat dengan kedua kaki secara bersamaan. Melompat merupakan salah satu materi atletik yang yang terdapat dalam standar kompetensi Sekolah Dasar Kelas IV salah satu kompetensi dasarnya yaitu siswa menguasai keterampilan melompat. Berdasarkan hasil dari observasi awal diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan gerak dasar melompat siswa kelas IV SDN Jambewangi 03 ternyata kesalahan yang banyak muncul di lapangan adalah pada sikap tolakan melayang dan mendarat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran keterampilan gerak dasar melompat. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran gerak dasar melompat dengan pendekatan modifikasi permainan. Melalui modifikasi permainan ini siswa melakukan gerak melompat dengan modifikasi permainan dalam melaksanakan pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi catatan lapangan dan wawancara. Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus 1 siswa yang pada awalnya 27 orang yang belum tuntas berkurang menjadi 18 siswa. Selain hal tersebut diperoleh hasil persentase keberhasilan sebagai berikut dari aspek sikap awalan sebanyak 90 32% dari aspek sikap tolakan sebanyak 61 29% dari aspek sikap melayang 35 48% dari aspek mendarat 38 71%. Pada siklus 2 sudah terlihat peningkatan yang cukup baik dibandingkan dengan siklus I di siklus 2 siswa yang pada awalnya 18 orang yang belum memenuhi standar ketuntasan berkurang menjadi 3 siswa. Hasil persentasi keberhasilan sebagai berikut dari aspek sikap awalan sebanyak 93 55% dari aspek sikap tolakan sebanyak 87 10% dari aspek sikap melayang 87 10% dari aspek mendarat 93 55%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran gerak dasar melompat dengan pendekatan modifikasi permainan dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas IV SDN Jambewangi 03 Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49735

Actions (login required)

View Item View Item