Hubungan belajar sambil bermain anak usia dini dengan perkembangan motorik anak di TK Siti Chodidjah Desa Kendalpayak Kec. Pakisaji / Rofiatul Isnania - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan belajar sambil bermain anak usia dini dengan perkembangan motorik anak di TK Siti Chodidjah Desa Kendalpayak Kec. Pakisaji / Rofiatul Isnania

Isnania, Rofiatul (2013) Hubungan belajar sambil bermain anak usia dini dengan perkembangan motorik anak di TK Siti Chodidjah Desa Kendalpayak Kec. Pakisaji / Rofiatul Isnania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Isnania Rofiatul. 2013. Hubungan Belajar Sambil Bermain Anak Usia Dini Dengan Perkembangan Motorik Anak Di TK. Siti Chodidjah Desa Kendalpayak Kec. Pakisaji. Pembimbing (1) Dr. Ach. Rasyad M.Pd (2) Dr. Zulkarnain M.Pd. Kata Kunci belajar sambil bermain perkembangan motorik anak usia dini 12288 12288 12288 12288 Proses belajar anak usia dini tidak sama dengan orang dewasa karena keterbatasan cara berpikir dan perkembangan mental anak. Usia dini yaitu 0-6 tahun merupakan masa emas bagi perkembangan anak. untuk itu dibutuhkan cara yang tepat agar dapat mengoptimalkannya. Salah satu cara yang tepat adalah belajar sambil bermain. Anak usia dini cenderung bermain sambil belajar karena dengan bermain anak belajar berbagai pengetahuan keterampilan dan berbagai persoalan lainnya. Oleh karena itu pembinaan dan perangsangan tumbuh kembang anak sebaiknya dilakukan dengan kegiatan bermain agar kemampuan motoriknya berkembang optimal. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan belajar sambil bermain anak usia dini mendeskripsikan kemampuan motorik anak usia dini dan untuk mengetahui hubungan antara belajar sambil bermain anak usia dini dengan perkembangan motorik anak usia dini. 12288 12288 12288 12288 Metode penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan proses belajar sambil bermain anak usia dini dan kemampuan motorik anak usia dini. Sedangkan analisis data korelasional digunakan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara belajar sambil bermain anak usia dini dengan perkembangan motorik anak usia dini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen yang dgunakan untuk mengumpulkan data berupa angket adalah orangtua murid dan peneliti. Untuk analisis data tujuan 1 dan 2 menggunakan deskriptif persentase dan tujuan 3 menggunakan korelasi product moment. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama belajar sambil bermain telah dilakukan murid TK Siti Chodidjah setiap kegiatan belajar maupun bermain anak. Kedua Mayoritas perkembangan motorik anak di TK Siti Chodidjah berkembang dengan baik. Ketiga ada hubungan antara belajar sambil bermain anak usia dini dengan perkembangan motorik anak. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan pengkajian dan penelitian yang lebih lanjut mengenai hubungan antara bermain sambil belajar anak usia dini dengan perkembangan motorik anak dengan menggunakan beberapa kategori lain yang dapat diambil dari belajar sambil bermain anak usia dini dan perkembangan motorik menjadi beberapa kategori untuk diteliti lebih lanjut serta membandingkan dengan pendekatan yang lain sehingga dapat dijadikan rujukan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4973

Actions (login required)

View Item View Item