Hidayat, Frans Yohanes (2012) Meningkatkan keterampilan senam lantai guling depan melalui pendekatan bermain untuk siswa kelas V SDLB B di SLB Pembina Tingkat Nasional Lawang Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Frans Yohanes Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Keterampilan Senam Lantai Guling Depan Pendekatan Bermain. Senam lantai guling depan adalah gerakan berguling ke arah depan melalaui bagian belakang badan (tengkuk) pinggul pinggang dan panggul bagian belakang. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan senam lantai guling depan siswa kelas V SDLB Pembina Tingkat Nasional Lawang diketahui bahwa dalam melakukan gerakan senam lantai guling depan dilapangan belum optimal adalah pada saat sikap awal gerakan berguling dan sikap akhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki pembelajaran senam lantai yang belum optimal yang diharapkan bisa meningkatkan keterampilan senam lantai guling depan siswa kelas V SDLB C di SLB Pembina Tingkat Nasional Lawang yang belum optimal dengan menggunakan pendekatan bermain Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDLB Pembina Tingkat Nasional Lawang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) dan tes. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa melalui pendekatan bermain mampu meningkatkan keterampilan siswa dari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan senam lantai guling depan setelah diberikan tindakan dari siklus1 dan siklus 2 hasilnya dari 3 (60%) siswa yang sudah bisa melakukan gerakan sikap awal dengan baik menjadi 5 (100%) siswa yang mampu melakukan gerakan yang benar dengan katagori baik. Dari belum ada siswa yang bisa melakukan gerakan berguling (0%) menjadi 4 (80%) siswa yang mampu melakukan gerakan benar pada gerakan dengan katagori baik. Dari belum ada siswa yang bisa melakukan sikap akhir dengan benar (0%) menjadi 4 (80%) siswa yang mampu melakukan gerakan yang benar pada sikap akhir posisi jongkok dengan katagori baik Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah dengan pemberian pendekatan bermain dapat memperbaiki pembelajaran senam lantai yang belum optimal dan dapat meningkatkan keterampilan senam lantai guling depan siswa kelas V di SLB Pembina Tingkat Nasinal Lawang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49725 |
Actions (login required)
View Item |